Tahun Ini, PTSP akan Fokus dengan Energi Terbarukan Pengganti Batubara

SEPUTARSUMBAR, Padang — Awalnya jadi Direktur Operasi, tapi per 2 Januari RUPS PT Semen Padang memutuskan dia menjadi Direktur Utama PT Semen Padang.

Itulah Indrieffouny Indra, kini, putra Bari Sicincin itu bersama manajemen PT SP siap lanjutkan dan tingkatkan PTSP hebat.

“Kinerja PTSP 2023 meski kondisi produksi semen di Indonesia over supplay, kinerja PTSP baik dan ada peningkatan dibandingkan 2022,”ujar Indrieffouny Indra saat memperkenalkan manajemen baru PTSP kepada pimpinan media di Sumbar, Rabu 10/1-2023 di Rumah Makan Sederhana Padang.

Perkenalan dengan pimpinan media dipandu Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, dihadiri direksi lengkap seperti Direktur Keuangan dan Umum Oktoweri dan Direktur Operasi Pri Gustari Akbar, juga Komisaris PTSP Khairul Jasmi. juga hadir Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Iskandar Z Lubis dan Kepala Unit CSR Dedi M Siddiq.

Indrieffouny biasa disapa Arief juga mengungkapkan data bahwa produksi turun dari 2022 tapi diproduksi klingker naik 270 persen dari 2023 yaitu 1,3 juta ton yang ekspor ke Banglades, semen Srilangka, Australia, 2023.

Selain itu, kinerja tahun 2023, PTSP berjibun mendapatkan penghargaan. Satu di antaranya banyak anugerah diraih PTSP 2023 yakni Proper Emas dari KLHK.

“Hanya dua pabrik semen meraih Proper Emas yakni PTSG Pabrik Tuban dan PT Semen Padang,” ujarnya.

Adapun indikator PTSP menggenggam Proper Emas itu, dalam berproduksi PTSP dinilai tim KLHK adalah perusahaan pelat merah taat seluruh peraturan tentang lingkungan hidup dan community development.

“Nilai plus yakni program pembudayaan ikan bilih yang outputnya berdampak kepada ekonomi masyarakat,”ujar Arief.

Selain itu Arief dan Direksi lain dinilai pers harus solid dan kaya terobosan karena pasar empuk Sumbar kini tengah diserbu semen swasta harga murah pula.

“Allhamdulillah Semen Padang masih menguasai market Sumbar 95 persen, meski ada serangan semen swasta, itu wajar dari pasar bebas, yang pasti market share kita untuk provinsi tetangga rata-rata di atas 50 persen, seperti Sumatra Utara, Riau dan Jambi, juga ikut memasok ke Aceh,” ujar Arief¬†

Ada yang terus memantik semangat di PTSP. “Yaitu kuatnya branding kita di Sumbar, dunsanak kami di Sumbar ini malu pakai semen tidak Semen Padang, branding ini telah sejak dulunya kuat,” ujar Arief.

Terus 2024, Arief akan bikin apa di Sumbar?  Putra Bari Sicincin Padang Pariaman ini tegas mengatakan lebih memperkuat soliditas kinerja organisasi PTSP.

“Juga pada 2024, kita lebih memfokuskan energi terbarukan pengganti dominasi batubara selama ini,” ujar Indrieffouny.

Energi terbarukan tengah digaspool PTSP yakni Kalianda.

“PTSP gunakan energi alternatif kedepan menjadi fokus utama, sekarang sudah 2 persen menggantikan energi konvensional selama ini, 2030 bisa 16 persen menggunakan energi terbarukan,” ujar Indrieffouny Indra.

Pada kesempatan perkenalan Rabu Selasa itu, jajaran manajemen PTSP berharap kemitraan dengan PTSP selama ini tentu ditingkatkan terus.

“Kami berharap sahabat media terus meningkatkan kemitraan harmonis selama ini terbangun, kedepan saya harap lebih kuat lagi,” ujar Indrieffouny Indra. (adr)

Komentar