Wali Nagari Kamang, Sijunjung Temui Gubernur Sumbar Sampaikan Mimpi Kota Berkarekteristik

SEPUTARSUMBAR, Sijunjung — Nagari Kamang ini tidak di Agam , melainkan di Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Nagari Kamang ini mempunyai karakteristik destinasi yang unik karena berada diantara dua daerah provinsi tetangga Sumatera Barat, yaitu Riau dan Jambi.

Nagari Kamang ini bisa disebut daerah segitiga emas, ada Kiliranjao persimpangannya ke Riau Sumbar, Jambi.
Salah satu keunikan Nagari Kamang yakni punya spot wisata yang cantik terutama ada lubang bekas tambang luar Batubara yang airnya biru dan banyak spot destinasi lainnya. di Kecamatan Kamang Baru.

“Kamang adalah destinasi bak syurga tersembunyi yang dipunyai Sijunjung Sumatra Barat, tapi yakinlah dengan Nagari Kamang Ranah Idaman Selalu di Hati (NKRI Sehat), destinasi di Kamang amazing jadi daya tarik wisatawan baik nasional maupun manca negara,” ujar Wali Nagari Kamang Syafri S. Sosyang juga Ketua Forwana Kamang Baru, kepada dedengkot pegiat pariwisata Sumbar M Zuhrizul, Bundo Wati, Elfis dan Mabruri Tanjung, Mona Sisca dan Arif Rahman Hakim, Selasa 17/3-2023 di Padang.

Wali Nagari Kamang Baru siang tadi bertemu Gubernur Sumbar Mahyeldi, saat berdiskusi Gubernur menantang Wali Nagari menjadikan Kamang Baru sebagai kota berkarekteristik.

“Tantangan Pak Gubernur Mahyeldi saat saya bertemu beliau, Selasa siang tadi, menjadikan Nagari Kamang ini menjadi Kota berkarektiristik membarakan semangat kami,” ujar Walinagari Syafri.

Selain itu Kecamatan Kamang Baru punya potensi ekononi luar biasa, di sini ada tiga pabrik CPO yang beroperasi, selain pengolahan sawit.

Nagari Kamang juga punya pabrik Kanebo yang mungkin satu satunya ada di Indonesia, selain itu karakteristik politik di Kamang pun unik.

“Siapa menang di Kamang jaminan menjadi Kepala Daerah di Sijunjung, termasuk pemasok suara terhadap Caleg di Pemilu sebelum-belumnya,” ujar Syafri S.Sos.

Zuhrizul mengakui Kamang Baru jika dikolaborasikan dan disinergistaskan akan menjadi destinasi gahar di Sumbar.

“Punya segala-galanya, ada kolam pemandian yang dibangun secara gotongroyong oleh 300 warga, ada BUMNag yang mengelola secara profesional, jika ada suport dari Pemprov Sumbar Kamang dan Kamang Baru akan menjadi magnet destinasi baru di khasanah pariwisata di Sumbar,” ujar M Zuhrizul.

Renggo Pernanda, IAI merupakan Arsitek, Urban Planner, dan Penggiat Pengembangan Wilayah Strategis di Sumatera Barat yang ikut mendampingi saat bertemu Gubernur menambahkan Wali Nagari Kamang, Syafri. S.Sos memaparkan kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi bahwa Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru sebagai kawasan yang berpotensi sebagai cikal Bakal Kota di daerah perbatasan Provinsi bagian Timur.

“Wali Nagari Kamang, Syafri. S.Sos menyediakan lahan seluas 50 Ha yang berada di Nagari Kamang untuk menjadi Pusat Kerajaan Nusantara. Kawasan tersebut diharapkan menjadi kawasan Unik yang Multi Etnis di Nagari Kamang” tutup Renggo (adr)

Komentar