Wako Pariaman Pembicara Utama di Pertuan Kota ASEAN angkat Isu Pulih dari Pandemi

SEPUTARSUMBAR, Surabaya — Uiihh kereeenn siapa saja menyaksikan seeorang pemimpin di daerah pinggir pantai barat Sumatera menjadi pembicara kunci (keynote speach) pada pertemuan berkelas internasional.

Siapa lagi yang membuat kita kagum itu, dan peserta pertemuan berikan standing aplause kalau bukan Walikota Pariaman Genius Umar.

Genius Umar hadir pada pertemuan di Surabaya membahas issue berbagai pengalaman Kota Kota ASEAN dalam menghadapi pandemi covid.

“Sekarang dalam masa new normal apa yang dikerjakan. Termasuk membahas perubahan iklim, pemuda, lingkungan perkotaan dan pulih segera dari dampak pandemi,” ujar Genius Umar. 

Pertemuan kota kota ASEAN di Surabaya Jawa Timur itu walikota Kuala Lumpur, Gubernur Phnom Penh, Ckmbodia, kota di Philipna, Thailand,  hadir juga Wagub Jawa Timur sebagai tuan rumah dan beberapa kota lainnya.

“Acara berlevel regional digelar United City Local Gobernment dan Earph dan ASEAN Secretariat,” ujar Genizus Umar, saat oenampaian maupun dialog tanpa memnggunakan jasa transleter yang sudah disiapkan panitia. 

Pariaman Resilient versi Wako Pariaman Genius Umar di Shangrillah Hotel Surabaya itu mengeinnspirasi Kota Se Asia Tenggara. 

Walikota Pariaman hadir di acara Asean Major Forum Sebagai Keynote Speaker dihadapan para walikota se Asia Tenggara, bikin ispirasi itu sesuatu banget… 

Ya, Genius Umar tampil memukau para walikota dalam paparannya saat penanganan covid 19, saat keadaan sulit banyak anggaran yang di potong dan kondisi keuangan krisis, Genius menunjukan kelas sebagai pemimpin kreatif, terbukti Genius mammpu membuka jalan sepanjang 40 KM dengan 16 Ruas  Nol Rupiah. 

Membangun komunikasi dengan masyarakat yang tanahnya terpakai untuk pembukaan jalan tanpa ada ganti untung ataupun ganti rugi.

“Mengerjakannya dengan pemberdayaan masyarakat secara gotong royong , dengan komunikasi yang menyentuh warga Pariaman dan tentu saja keterlibatan perantau membuat jalan baru bisa terbuka yang mana jalan ini menjadi terrace sungai dan pantai sehingga program water front city pariaman bisa berkelanjutan, “uajr Genius dalam bahasa inggris. 

Lalu masih di masa pandemi 100 persen Vaksinasi dan blaznya adalah  Puncak Acara Tabuik yang tembus 200 ribu orang telah memberikan bukti ketahanan Pariaman masuk dalam kategori tangguh karena persoalan sosial yang ada di masyarakat, seperti persolan pendidikan telah diatasi oleh dengan program satu rumah satu keluarga (Saga Saja) dan tentu saja APBD Pariaman yang diserahkan ke Dinas Lendidikan Sumatera Barat agar anak anak sekolah sampai SMA dan kuliah mendapat bantuan dari Pemko Pariaman.

“Kota Pariaman membuktika pemerintah bisa berikan sekolah gratis sampai SMA/SMK dan tidak dikoarkan pada kampanye Pilkada. saja,” ujar Genius Umar.

Kini pasca pandemi melandai, dengan memperkuat destinasi pariwisata dan Ketahanan pangan baik itu pertanian dan nelayan sehingga Pariaman sudah bisa melalui masa sulit saat covid 

Lebih lanjut Genius menjelaskan bahwa komunikasi dan tentu saja kerja nyata harus diwujudkan kalau pemerintah pusat memberikan arahan kerja dari rumah (work from home) Walikota Pariaman ini bekerja dari site atau dari lapangan , mengelilingi desa desa dan kelurahan dan bersama masyarakat bergotong royong untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

Berkantor dari warung ataupun di lapau masyarakat sudah tidak sesuatu yang baru lagi bagi genius umar , sepanjang waktu bisa kita manfaatkan dengan baik dan hubungan dengan kementrian lembaga yang harus dijemput untuk ketahanan dan kemajuan kota pariaman bagi Genius menjadi kewajiban sebagai amanah yang diberikan kepadanya 

Sementara itu walikota Kuala Lumpur Datuk Seri Haji Mahadi Bin Che Ngah meminta partisipasi aktif Walikota Pariaman ini , yang juga vice president tourism promotion organization (TPO) Asia Pasifik untuk bersama bersama agar penerbangan Air Asia Kuala Lumpur Bisa seperti sebelum Covid 19, 10 kali per minggu , tentu saja ini menjadi kepentingan bersama agar rute penerbangan ini bisa menjadi normal kembali dan mengajak pariaman menguatkan kembali sektor pariwisata sumatera barat dengan malaysia 

Deputy Director Kingdom Of Cambobja juga mengundang Genius Umar untuk hadir sebagai pembicara pada acara meeting di Kamboja 6 Desember 2023.

Nuon Pharat , Vice Gubernur Pnomphen, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Genius Umar , tidak hanya mampu bertahan tapi mampu keluar dari kondisi terburuk saat Pendemi Covid 19 yang datang secara tiba tiba menyerang dunia.

“Seperti teori angsa hitam datang tiba tiba tak terduga tapi Pariaman survive dan acara puncak tabuik yang hampir 200 ribu orang sebagai tonggak kebangkitan pariwisata dan pemulihan ekonomi Pariaman sangat positif,” ujar Nuon Pharat. (adr)