TP2 Dewi Sumbar Berkaloborasi dengan PNP Wujudkan Desa Cerdas Melalui Program Nagari Digital

SEPUTARSUMBAR, Padang — Dalam upaya bersinergi untuk meningkatkan pelayanan publik yang terarah, terpadu, dan terprogram, Politeknik Negeri Padang kolaborasi denganTim Pemberdayaan dan Pengembangan (TP2) Desa Wisata Sumatera Barat yang dikomandoi oleh M. Zuhrizul mengajak Nagari Se-Sumatera Barat menggelar Workshop “Program Nagari Digital Menuju Smart Village”, di Kampus Oranye, Limau Manis Padang,14-15 Februari 2023.

Zuhrizul menyampaikan sangat senang sekali keterlibatan PNP dalam pengembangan digitalisasi desa wisata. “ kita berharap semua desa wisata di sumbar sudah miliki big data potensi wisata dan Google Play store , dimana siapapun bisa akses produk wisata dan daya tarik seluruh desa wisata sumbar dimanapun berada kata zuhrizul yang telah banyak berkontribusi untuk kemajuan pariwista sumbar.” Ucap nya.

Bagi Zuhrizul yang hadir sebagai narasumber saat itu menyebutkan hal ini merupakan salah satu langkah mewujudkan mimpi Nagari di Sumatera Barat untuk lebih maju dan muaranya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Nagari tersebut.

Wakil Direktur 2 Sarmiadi, S.E., M.M menjelaskan, seperti halnya desa digital, nagari digital merupakan sebuah program yang dirancang oleh pemerintah demi meminimalkan kesenjangan terhadap informasi di wilayah pedesaan dengan memanfaat teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang. Platform desa digital berfokus pada berbagai kebutuhan informasi, pelayanan, dan perekonomian.

Di samping itu, konsep Smart Village atau Desa Cerdas merupakan konsep pembangunan desa berbasis digital yang sejak 2016 diperkenalkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang pada saat itu bernama LIPI, yang kemudian dalam implementasinya melibatkan beberapa kementerian seperti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kehutanan.

Nagari Digital Menuju Smart Village” yang dihelat di Gedung Pekan Kreativitas Mahasiswa pasca serah kelola tersebut menghadirkan dua narasumber: Koordinator Tim Pemberdayaan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2 Dewi) Sumbar, Muhammad Zuhrizul dan Kepala Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom.

Pada kesempatan itu juga hadir utusan kementrian Pendidikan Arab Saudi memberikan motifasi kepada kepada seluruh wali nagari yang hadir , sekaligus mendorong anak -anak nagari untuk bisa dapatkan beasiswa kuliah di arab saudi. (monsis)

Komentar