Totalitas Aksi Kemanusiaan DPP IKA Unand di Tanah Bencana

SEPUTARSUMBAR, Pasaman Barat, — Semua alumni Unand tergabung dalam DPP IKA Unand bergerak aksi kemanusiaan ke tanah bencana gempa bumi, Pasaman dna Pasaman Barat Sumatera Barat.

“Tahu ada gempa bumi di Pasaman Barat Jumat pagi, pikiran saya pasti ada sahabat se alumni Unand yang menjadi korban kerasnya guncangan bumi Jumat pagi itu,” ujar Ketua Umum DPP IKA Unand yang juga Pejabat di BNPB RI, Dr Rustian, Kamis 3 Maret 2022 saat bersama Menko PKM di Malampah Pasaman Barat.

Menyadari itu, Rustian dan Sekjen Reni Mayerni bersama Waketum VIII DPP IKA Unand Imelda Sari pun menggakang aksi peduli online.

“Kami menebar narasi kepada semua alumni Unand untuk mengetuk kepeduliannya lewat donasi online, Allhandulillah tiga hari terkumpul Rp 30 juta dan Insya Allah akan bertambah terus,” ujar Imelda Sari.

Pada Selasa 1 Maret 2022, Tim Peduli Bencana Gempa DPP IKA Unand pun mulai menjalankan misi kemanusiaannya ke Kajai dan Malampah sampai ke daerah sulit akses untuk melakukan kerja kemanusiaan ke tanah bencana.

“Selain ke masyarakat korban gempa, juga bantuan ini untuk saudara kami sesama alumni Unand yang menjadi korban gempa Pasbar Jumat pagi lalu,” ujar Tim Aksi Peduli Gempa Pasbar IKA Unand Patra Rina Dewi di chat whatsapp group DPP IKA Unand 2021-2025, Kamis pagi tadi.

Aksi peduli bencana gempa Sumbar sejak dua hari lalu Tim DPP IKA Unand di bawah koordinasi Wakil Ketua Umum VIII Imelda Sari sudah menyasar daerah episentrum gempa di Kajai Pasaman Barat dan Malampah di Pasaman. 

“Aksi peduli DPP  IKA Unand meliputi, pemetaan dan pembangunan Huntara bagi korban gempa rumahnya rusak berat, Lalu tanggap darurat medis dikoordinir langsung oleh Dr Riendra (Ketua Harian DPP IKA Unand) dan aksi bantuan logistik di koordinir Patra Rina Dewi, juga dua alumni yang melakukan pendataan dan penayuluran, Muhammad Riduan Nst dan Ferri Suswanto,”ujar Ilhamsyah Mirman.

Aksi Peduli IKA Unand menyasar alumni Unand di tanah bencana yang menjadi korban gempa bumi 

“Saya berduka atas bencana ini, tapi bahagia ternyata menghadapi duka ini Alumni Unanda lewat IKA Unand Peduli tak biarkan kami menghadapi sendiri, IKA Unand datang membantu kami,” ujar Sri Rezeki Handayani alumni Fakultas Peternakan angkatan 1997 di Kajai Pasaman saat tim IKA Unand antarkan bantuan Sembako ke rumahnya.(rls:ikaunand)