Topang Sektor Pariwisata, Keamanan Pangan Dibutuhkan

Pessel – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan Penyuluhan Keamanan Pangan bagi Pengolahan Industri Rumah Tangga (PKP-PIRT).

Penyuluhan itu digelar di Gedung Pertemuan Puskesmas Salido, Rabu 28 Agustus 2019.

Hadir, Kepala Bidang SDK Jafri Wandi, SKM. MT didampingi Kasi Farmakmin dan Perbekes Fitria, S. Farm, Apt dan sebagai narasumber Dra. Mailifah M. Apt dari BPOM Provinsi Sumatera Barat.

“PKP-IRT ini dilaksanakan dalam bentuk pertemuan dan penyuluhan kepada Pelaku Industri Rumah Tangga Pangan di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 40 pelaku,” kata Jafri Wandi.

Jafri memberikan arahan terkait dengan kebijakan keamanan pangan industry rumah tangga, diantaranya peraturan perundangan industri pangan, perlindungan konsumen, peraturan labelisasi atau kemasan, dan bahan tambahan pangan seperti pengawet dan pemanis buatan.

Selain itu, Jafri menegaskan jika Kabupaten Pesisir Selatan sebagai daerah Wisata, keberadaan UKM pangan dapat menopang sektor pariwisata di Pessel sehingga keamanan pangan menjadi hal yang penting.

“Kami berharap Penyuluhan ini dapat diserap, diketahui dan dilaksanakan para pengusaha industri pangan di Pessel, sehingga kuliner kita menjadi lebih terjamin dalam segi hygiene dan kesehatannya,” jelasnya.

Lebih lanjut diterangkannya timbulnya penyakit akibat pangan tidak hanya disebabkan oleh bahan bakunya, akan tetapi juga dapat ditimbulkan oleh cara pengolahan yang salah dan tempat pengolahan dan pekerjanya yang tidak memperhatikan hygienes sanitasinya.

Comment