Tiga Fraksi di DPRD Interplasi Gubernur Sumbar

Padang,-Tiga fraksi di DPRD Sumbar mengusulkan hak interpelasi kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno terkait perjalanan dinas  luar negeri dan persoalan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang disampaikan kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi, Selasa (21/1).

Ketua Fraksi Gerindra Hidayat setelah menyerahkan berkas pengajuan hak interpelasi, dalam jumpa pers mengatakan, yang melakukan pengusulan ada tiga fraksi yakni, Gerindra, Demokrat dan Golkar.

“Kita juga telah menghubungi Indra Dt Rajo Lelo agar Fraksi PAN ikut mengajukan hak interpelasi ini, dan secara lisan dirinya sudah setuju,” kata Hidayat.

Selain itu usulan ini juga telah ditandatangani basah oleh 15 anggota DPRD Sumbar yang terdiri dari 13 anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, satu dari Fraksi Golkar dan satu dari Fraksi Demokrat.

Dikatakan Hidayat usulan tersebut diserahkan secara langsung kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi di hadapan Sekretaris Fraksi Golkar Afrizal, Sekretaris Fraksi Demokrat HM Nurnas, dan Sekretaris DPD Partai Gerindra Ismunandi Sofyan.

Lebih lanjut dijelaskan Hidayat, usulan tersebut terdiri dari empat bundel dokumen tentang hak interpelasi kepada gubernur yang berisikan surat pengantar kepada Ketua DPRD Sumbar.

Kemudian dokumen bukti dukungan pengusung hak interpelasi dari tiga fraksi dan 15 anggota DPRD Sumbar. Setelah itu dokumen alasan serta kajian mengajukan hak interpelasi kepergian gubernur ke luar negeri dan persoalan BUMD.

Sementara Ketua DPRD Sumbar Supardi mengucapkan terima kasih yang mengusulkan hak interpelasi. Dan mengatakan bahwa hak interpelasi merupakan hak lembaga yang dapat dipergunakan.

Selanjutnya pihaknya akan mengagendakan rapat paripurna di dalam rapat Bamus DPRD Sumbar. “Mudah-mudahan apa yang menjadi inisiatif menjadi awal dari titik demokrasi di Sumbar,” kata Supardi. (Rel/Nov)

Komentar