THN AMIN Sumbar Siap Kawal Potensi Kecurangan Pemilu 2024

SEPUTARSUMBAR, Padang – Tim Hukum Nasional (THN) Sumatera Barat (Sumbar) pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) resmi mendeklarasikan dukungan mereka hari ini di Padang, Rabu, (7/2/2023).

Sekjen THN Amin Thoriq Thalib saat mengukuhkan dan mendeklarasikan THN Sumbar mengatakan, untuk memastikan terselenggaranya pemilu yang jujur THN merupakan bagian calon presiden dan wakil presiden dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“THN Amin dibentuk 1 tahun lalu. Saat ini sudah bergabung 1.400 advokat di Indonesia, semua semangat menjadikan Amin presiden dan wakil presiden. Kemudian 34 THN sudah dikukuhkan di 34 provinsi termasuk kabupaten dan kota, walaupun Sumbar terakhir atau di ujung masa pencoblosan,” ujarnya.

Meskipun yang terakhir, kata Thoriq, diharapkan Sumbar dapat melihat permasalahan-permasalahan hukum terkait Pemilu 2024 yang akan muncul di masa depan.

“THN Amin harus mengawasi kecurangan pemilu, jangan lengah, jangan diam, laporkan kecurangan yang bisa dibuktikan. Lalu daftarkan ke THN kabupaten/kota, dan Provinsi,” ujarnya didampingi Wakil Ketua THN Amin, Miko Kamal.

Thoriq Thalib juga mengatakan, THN pusat mempunyai aplikasi dan kontak center. Aplikasi menyebar ke THN daerah, dan di dalam aplikasi ada 2 konten, yaitu pelaporan saksi dan peloporan kecurangan pemilu.

“Kita akan menindaklanjuti laporan tersebut, kita siapkan tim untuk turun ke lapangan. Menjalang 14 Februari di posko-posko disiapkan ketika ada laporan kita verifikasi buktinya dan hal lainnya, maka tim di posko harus bergerak,” katanya.

Sementara itu, Ketua THN Sumbar Fitriadi Ibrahim menyampaikan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengamankan kemenangan pasangan Anies-Muhaimin di Sumbar.

“Kami THN Amin Sumbar dan relawan Amin sangat aktif, dan kami siap mengawal berbagai kecurangan dan pelanggaran Pilpres 2024, khususnya di Sumbar,” ucapnya bersama THN Amin Sumbar 19 orang, dan 95 orang THN Amin kabupaten/kota Sumbar. (h/fdi)

Komentar