Teknik Industri UNAND serahkan Alat Angkut Barang untuk UMKM di Padang

SEPUTARSUMBAR, Padang – Teknik Industri Universitas Andalas yang terkenal dengan UNAND Selasa 25 Juni 2024 melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pengabdian dalam bentuk penyerahan bantuan alat angkut barang kepada salah satu usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua Departemen Teknik Industri UNAND,
Dr. Feri Afrinald didampingi Ketua Program Studi Teknik Industri
Dr. Reinny Patrisina dengan para dosen dan mahasiswa Teknik Industri.

Ketua Tim kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Teknik Industri UNAND 2024, Dr. Insannul Kamil, akrab disapa insan pers dengan Pak Nanuk mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas UMKM.

“Tujuan untuk meningkatan sistem kerja yang sebelumnya banyak dilakukan pelaku UMKM secara manual,*ujar Pak Nanuk.

Frida Plastik adalah salah satu pelaku usaha perdagangan di Kota Padang yang bergerak di bidang distributor berbagai jenis plastik yang memiliki komitmen untuk meningkatan sistem kerja di perusahaan.

“Alat angkut yang dirancang oleh dosen dan mahasiswa Teknik Industri UNAND ini telah menghasilkan perbaikan postur kerja pada proses pengangkutan barang.” ujar Frida.

Menurut Pak Nanuk alat angkut barang yang dibuat ini dirancang sesuai dengan prinsip – prinsip ergonomi, perancangan rekayasa dan menggunakan data antropometri orang Indonesia.

“Perancangan yang dilakukan berdasarkan permasalahan yang sedang dihadapi pekerja pada perusahaan Frida Plastik saat ini akan dapat menghindarkan terjadinya cidera pada operator dan pekerja,” ujar Pak Nanuk (adr)

Komentar