Taslim Puji Amien Rais dan Din Syamsuddin Satu Panggung di Rakernas Partai Ummat

SEPUTARSUMBAR, Jakarta — Peristiwa besar terjadi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, dari tanggal 13-15 Februari 2023, dimana Din Syamsuddin satu panggung diskusi dengan Amien Rais, Senin (13/2/2023) malam.

Ketua DPW Partai Ummat Sumbar Taslim Chaniago, yang hadir di acara Rakernas pertama Partai Ummat tersebut, memuji sikap kedua tokoh bangsa yang berlatar belakang Muhammadiyah tersebut. Dan kehadiran Din Syamsuddin disambut sukacita kader Partai Ummat yang hadir di Rakernas.

“Pak Amien menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah pada tahun 1995-1998, sedangkan Pak Din Syamsuddin menjabat pada periode 2005-2015,” ujar Taslim, yang juga kader Muhammadiyah, dan pernah menjabat Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumbar.

Pada diskusi yang dipandu oleh MS Ka’ban itu, disampaikan Taslim bahwa kedua tokoh tersebut membicarakan masalah kebangsaan, dan keummatan, serta bercerita mengenai kedekatan mereka berdua saat menempuh pendidikan di Amerika, dan aktif di Muhammadiyah.

Disampaikan Taslim, Amien Rais dan Din Syamsuddin saling menyampaikan kesamaan mereka. “Kami pernah se apartemen di Los Angeles Amerika, dan pernah sama jadi Ketua Umum PP Muhammadiyah, tapi saya cuma 3 tahun karena memilih jalur partai politik. Sementara Pak Din itu 10 tahun. Jadi Pak Din lebih mumpuni dari saya,” ucap Taslim, menirukan kata Amien Rais.

Kemudian lanjut Taslim, Din Syamsuddin membalas pernyataan Amien Rais bahwa saat kuliah di Amerika itu atas bantuan katabelece Amien ke profesornya, sehingga dia disayangi profesornya.

“Selama di Los Angeles Pak Amien tinggal di apartemen Pak Din. Yang masakin sarapan Pak Din, dan kemudian Pak Amien tidurnya di kamar, sementara Pak Din di sofa,” ungkap Taslim, mengulang cerita Din Syamsuddin.

“Pada Muktamar Pemuda Muhammadiyah di Palembang, Pak Amien mendukung saya, beliau mewakili PP Muhammadiyah saat itu,” ujar Din Syamsuddin.

Sebagaimana diketahui Din Syamsuddin saat ini merupakan Ketua Umum Partai Pelita, tapi sayang partainya tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang.

Pada kesempatan itu, Din minta kader Partai Ummat luruskan niat berjuang untuk melawan kezaliman, tegakkan keadilan, karena hal itu sudah terasa semakin jauh.

Kemudian Din berjanji akan ikut hadir saat kampanye Partai Ummat nantinya, bersama kader Partai Pelita. “Partai Ummat memang hebat, No 24. Semoga membawa berkat,” ucap Din Syamsuddin.

Sementara itu, Mustofa Nahrawardaya, Juru Bicara (Jubir) Partai Ummat menyampaikan bahwa Partai Ummat telah menentukan tiga bakal calon presiden (capres).

Mereka adalah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo (GN), dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Pak Anies dan Pak Gatot sudah konfirmasi untuk hadir di Rakernas,” ungkapnya. (Rel/TC)

Komentar