Ta’awun Aisyiyah Bersama LAZISMU Sumbar, Angkat Thema “Eliminasi TBC dan Lawan Covid-19”

Padang,- Tuberkulosis yang lebih dikenal sebutan TBC, merupakan penyakit menular yang dapat menyerang seluruh golongan masyarakat dan mengakibatkan menurunnya produktivitas, terjadinya kecacatan dan kematian yang berdampak pada menurunnya kekuatan dan ketahanan keluarga serta masyarakat. TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberkulosis, TBC bukanlah penyakit yang disebabkan oleh guna-guna, kutukan dan penyakit keturunan.

Sebagai wujud kepedulian mengeliminasi (menghilangkan) penyakit TBC di tengah masyarakat, Aisyiyah dan LAZISMU Sumatera Barat mengadakan kegiatan pembagian paket sembako di empat lokasi. Empat lokasi tersebut adalah, di Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Solok dan Kabupaten Padang Pariaman, kegiatan sendiri dilakukan pada 29 April 2020 kemarin.

DomaiNesia

Koordinator Program SR TB Care ‘Aisyiah Sumatera Barat, Deri Rizal menyampaikan, setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai hari TBC sedunia dengan berbagai agenda kegiatan dan aktivitas public. Peringatan yang dilakukan setiap tahunnya dilakukan untuk mengenang saat pertama kali di tahun 1882, Dr. Robert Koch mengumumkan untuk pertama kalinya penemuan kuman Mycobacterium Tuberkulosis.

Menurut laporan WHO, imbuhnya, pada tahun 2018 Indonesia merupakan Negara yang masuk dalam 30 negara tertinggi dengan angka kesakitan dan kematian karena Tuberkulosis (TBC), dalam data tersebut Indonesia merupakan negara tertinggi ketiga. Pada tahun 2018 insiden kasus TBC terjadi 316 kasus pada setiap 100.000 penduduk sehingga pada tahun 2018 diperkirakan 845.000 kasus TBC terjadi di Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada proses sosialisasi dan literasi untuk masyarakat bahwa penyakit TBC dapat disembuhkan,” katanya.

Deri menambahkan, sembako yang dibagikan ada sebanyak 400 paket. 200 paket didistribusikan di Kota Padang, 50 paket di Kabupaten Padang Pariaman, 50 paket di Kota Bukittinggi dan 50 paket di Kota Solok. “Bantuan sembako ini diberikan untuk Pasien TBC yang sedang dalam masa pengobatan, kader komunitas, petugas Kesehatan dan pegawai yang berada dalam lingkungan amal usaha. Kami harap ini bisa membawa manfaat untuk penerima,” ucapnya.

Sementara itu, Ir. Yunita Nazar, MP Mewakili Ketua PW ‘Aisyiyah menyampaikan, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Barat bersama Pimpinan Daerah ‘Asiyiyah menbagikan paket sembako untuk pasien, kader, tenaga kesehatan yang disalurkan melalui SR TB Care ‘Aisiyah Sumatera Barat. Disamping itu dengan kondisi Covid19 saat ini, pimpinan wilayah ‘aisyiyah menggerakkan seluruh komponen ‘Aisyiyah untuk melakukan kegiatan tolong menolong (taawun) serta berbuat kebaikan untuk sesama.

Marizal Hafdhal, Sekretaris Lazismu Sumatera Barat mengatakan, kegiatan pembagian sembako ini merupakan kerja sama dan implementasi program nasional ketahanan pangan yang juga sedang dilakukan oleh Lazismu Sumatera Barat. “Kita berharap aksi ini dapat bermanfaat untuk sesama,” tukas Marizal.

Terkait ini, kegiatan terlaksana atas kerja sama ‘Aisyiyah dengan LAZISMU Sumatera Barat, Lazismu Kota Bukittinggi, Lazismu Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman serta didukung oleh Muhammadiyah Covid19 Command Centre (MCCC) Sumatera Barat. (Rls/Romelt)