Sutan Riska Dianugerahi BUKA Award dan Pemkab Dharmasraya INFORMATIF

SEPUTARSUMBAR, Padang — SUTAN Riska Tuanku Kerajaan bersyukur atas anugerah BUKA Award dan Pemkab Dharmasraya menjadi INFORMATIF penilaian Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Dua anugerah itu diterima langsung oleh Sutan Riska pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) 2022 di Truntum Hotel Kota Padang, Senin 12/12-2022.

“Saya bersukur atas anugerah ini, BUKA Award dan Sertifikat Pemkab Dharmasraya INFORMATIF, ” ujar Sutan Riska usai hadir di AKIP Sumbar 2022.

Menurut Sutan Riska bagi Dharmasraya keterbukaan informasi publik bukan hal baru, bahkan pernah Pemkab Dharmasraya menjadi nomor satu di Sumbar.

Sutan Riska dari catatan KI Sumbar juga pernah dinobatkan sebagai Tokoh Keterbukaan Informasi Publik (Acievemen Motivasion Person) oleh KI Sumbar.

BUKA Award merupakan anugerah sekali empat tahun, bertepatan penyerahannya di tahun akhir periode masa jabatan Komisi Informasi Sumbar.

“BUKA Award ini saya dedikasikan buat seluruh jajaran PPID Utama dan PPID Pelaksana di Pemkab Dharmasraya, karena tanpa mereka saya tidak ada apa-apanya, prediket INFORMATIF tanpa PPID Utama dan jajaran tidak akan tercapai, terima kasih atas kerja keras PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi), “ujar Bupati 2 periode ini.

Sutan Riska menegaskan keterbukaan informasi publik adalah pra syarat penting terciptanya good governance.

” Sehingga itu menerapkan keterbukaan informasi publik adalah keharusan, anugerah dan prediket ini tidak seremonial saja, tapi menjadi momentum bagi pelaksanaan pemerintahan bersih dan transparan,”ujar Sutan Riska.

BUKA Award merupakan anugerah adalah kolaborasi KI Sumbar dengan Perhimpunan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik atau dikenal dengan sebutan FJKIP. Sumbar.

“Pak Sutan Riska masuk 18 nominator dan menjadi satu dari 12 tokoh badan publik di Sumbar dan di pusat yang memenuhi standar penilaian dari Tim BUKA Award 2022, mulai dari tracking mesin pencari google, menganalisa kebijakan dan terakhir penilaian makalah tentang Niat, Komitmen dan Konsisitensi dari Pak Sutan Riska tentang Keterbukaan Informasi Publik, ” ujar Ketua FJKIP Sumbar Gusriyono.

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska mengucapkan selamat kepada Ketua Umum APEKSI Sutan Riska atas dianugerahi BUKA Award.

“Sejak Buka Award pertama dilakukan pada 2019 lalu hanya ada lima tokoh pimpinan badan publik, 2022 ini, menjelang akhir periode KI Sumbar 2019-2023 ada 12 penerimanya, satunya Pak Sutan Risk, atas nama KI dan pribadi saya ucapakan selamat. Karena Dharmasraya selama dipimpin Pak Sutan Riska termasuk kabupaten yang komit dengan keterbukaan informasi publik, ” ujar Nofal Wsika. (***)