Sosok Benni Okva, Anak Muda yang Ajak Perusahaan Raffi Ahmad Bangun Limapuluh Kota: Ternyata Putra Asli Situjuah

SEPUTARSUMBAR, Jakarta — Kabar Rans Entertainment, perusahaan milik Raffi Ahmad yang berencana berinvestasi di Kabupaten Limapuluh Kota jadi pembicaraan banyak orang. Ternyata di balik layar, ada putera Situjuah Limo Nagari yang berperan penting dalam rencana tersebut.

Adalah Benni Okva Della, sosok anak muda yang punya peran penting dalam mengajak Rans Entertainment untuk berinvestasi di Limapuluh Kota. Benni pula yang mengatur pertemuan Plh Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan dengan Dony Oskaria, pemegang saham Rans Entertainment di Jakarta beberapa waktu lalu.

Benni diketahui merupakan putera asli Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota. Lahir pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1987, menghabiskan masa kecil hingga remaja di Situjuah.

Dia bersekolah dari Sekolah Dasar (SD) hingga SMA di Situjuah. Selepas SMA Benni membulatkan tekad untuk merantau. Sembari kuliah di Fakultas Hukum (FH) Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang, Benni memilih jalan hidup sebagai wartawan. Di dunia wartawan Benni dapat nama, dikenal banyak orang dan punya jaringan luas.

Pengabdian pertamanya sebagai wartawan di mulai di Koran Harian Posmetro Padang, yang merupakan koran jaringan Jawa Pos Group yang saat itu dimiliki Dahlan Iskan. Di usia yang baru 20 tahunan, Benni dipercaya memegang jabatan sebagai Asisten Redaktur Pelaksana (Asredpel). Dia termasuk jajaran pimpinan media termuda di Indonesia.

Hampir 10 tahun di Posmetro, Benni lalu memutuskan untuk pindah ke Harian Haluan. Koran bersejarah di Indonesia. Di Haluan, Benni dipercaya sebagai Redaktur Pelaksana (Redpel). Dia mengubah wajah Haluan sebagai koran yang lebih berani, fresh dan dikelola oleh anak-anak muda enerjik.

Di bawah pengelolaan Benni, redaksi koran Haluan lebih hidup, dan berperan besar mengungkap kasus-kasus kakap, terutama kasus korupsi. Keberaniannya dalam mengungkap kasus korupsi inilah yang membuat Benni seringkali dilaporkan ke pihak berwajib. Namun dia tak gentar dan terus pada prinsipnya untuk melawan perbuatan korupsi.

Setelah melanglangbuana, Benni akhirnya dipercaya mengendalikan Haluan Media Group (HMG), perusahaan induk Haluan yang punya belasan media berjaringan. Benni menjabat sebagai Vice Director Haluan Media Group, sekaligus Pemimpin Redaksi (Pemred) Harianhaluan.com.

Benni sepertinya ditakdirkan untuk terus berada di jalan pengabdian. Usai berhasil menyempurnakan struktural Haluan Media Group, Benni akhirnya memilih jalan pengabdian berbeda, yang cakupannya lebih lapang, dan bersentuhan langsung dengan publik.

Alumni SMA Negeri 1 Situjuah itu akhirnya bergabung dengan partai politik. Dia memilih Nasdem sebagai kapalnya. Politik gagasan yang dikedepankan Nasdem menarik minat Benni. Jadi politisi, Benni tidak setengah-setengah.

Benni membulatkan tekad untuk bertarung pada Pemilu 2024 dan maju sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Nasdem untuk Kabupaten Limapuluh Kota, kampung halamannya. Daerah pemilihannya adalah Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kecamatan Luak dan Lareh Sago Halaban.

Turut sertanya Benni mencari investor untuk membangun Limapuluh Kota, tidak lepas dari ajakan Plh Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan yang datang langsung ke rumahnya di Situjuah Banda Dalam. Ajakan itu disambut baik, Benni mengajak tokoh-tokoh terkenal untuk ikut membangun Limapuluh Kota, terkhusus di bidang pariwisata.

Selain mengajak Rans Entertainment, Benni juga menghubungi sejumlah relasinya di kementerian, agar mau mengucurkan anggaran pembangunan di Limapuluh Kota. Beberapa kementerian memberi respon baik.

Bagi Benni, apa yang dilakukannya untuk kampung halaman, bukanlah sesuatu yang luar biasa, tapi menjadi bagian dari kewajibannya sebagai anak kampung. Dia menganggap semuanya sebagai bentuk bayar utang atas segala penghidupan yang dianugerahkan padanya.

Kini Benni menerabas jalan pengabdian baru. Mimpinya untuk berperan membangun Limapuluh Kota, Situjuah khususnya sedang dirangkainya. Benni mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama berkolaborasi dalam arus besar perubahan yang sedang diupayakannya. Lakek tangannya sudah terbukti. Tinggal lagi dukungan masyarakay agar semuanya menjadi lebih baik. (ms)

Komentar