Silaturahmi dan Dialog, Hj Nevi tantang PWI Basawah Pokok Murah

SEPUTARSUMBAR, Padang — Anggota DPR RI dari PKS Hj Nevi Zuairina di tengah kesibukan agenda kampanye dan reses selalu wakil rakyat, tetap punya waktu bertemu PWI Sumbar .

Hj Nevi Zuairina Kamis 14/12-2023 malam datangi Kantor PWI Sumbar di sebelah Gedung Youth Center jalan Bagindo Aziz Chan Padang.

Menarik dari silaturahmi dan dialog semalam, Hj Nevi menantang PWI untuk ikut aktif populerkan Baswah Pokok Murah.

“Saya tantang pak Ketua dan pengurus PWI yuk bersama kita populerkan cara bertanam padi dengan pola Basawah Pokok Murah yang diretas oleh Mantan Kadis Pertanian Sumbar Pak Ir Djoni,”ujar Nevi Zuairina di ruang tamu kantor kepada Plt Ketua PWI Sumbar Widya Navis, Sekretaris PWI Sumbar Firdaus Abie dan Bendahara PWI Jayusdi Effendi serta pengurus harian PWI Sumbar lainnya.

Hj Nevi mengatakan Basawah Pokok Murah adalah solusi terhadap problematika petani dalam menanam, merawat dan memanen.

“Basawah Pokok Murah tidak ada lagi keluhan pak dan bu tani selama ini, mulai dari pupuk langka dan mahal, serangan hama, sampai BBM untuk menggerakkan mesin pertanian selama ini, selain modal dikit, basawah pola ini juga menjamin udara bersih Indonesia, karena jerami tidak di bakar,”ujar Hj Nevi.

Dan hebat lagi prinsip Basawah Pokok Murah itu, ternyata apa yang ada di sawah kembalikan ke sawah, cukup padi nya saja dibawa.

“Basawah Pokok Murah menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan petani, petani kita masih tidak baik-baik saja dalam soal ekonomi maupun memperkuat ketahanan pangan nasional, saat ini kita bisa saja sewaktu waktu masuk ke krisis pangan, hati-hati,” ujar Hj Nevi.

Hj Nevi menantang PWI untuk bisa menggerakkan atau menjadi pelaku terhadap model tanam dengan metode mulsa olah tanah.

“Saya akan populerkan di Dapil Sumbar II, PWI mesti bisa membuat lahan percontohan di 19 kota kabupaten di Sumbar,” ujar Hj Nevi Zuairina.

Firdaus Abi menilai cara basawah pokok murah sangat menarik.

“PWI Sumbar siap endorse atau pun menyiapkan lahan percontohan untuk metode yang diinisiatori Pak Ir Djoni serta dipopulerkan Bu Hj Nevi Zuairina,” ujar Firdaus Abie.

Silaturahmi dan Dialog PWI Sumbar dengan calon wakil rakyat seluruh tingkatan berlangsung sangat akrab dan penuh kekeluargaan.

Hj Nevi Zuairina menurut Plt Ketua PWI Sumbar Widya Navis tipikal wakil rakyat yang sangat kuat menjalankan fungsi aspiratifnya.

“Selama 4 tahun ada kalau kita tracking ada lebih 1500 titik konstituen didatangi Bu Nevi, dan lokasinya banyak di daerah terisolir dan infrastruktur parah, takjub kitah,” ujar Widya Navis. (adr)

Komentar