Setahun Jelang Pemilu, KPU Luncurkan Kirab Pemilu 2024

SEPUTARSUMBAR, Padang — Hari ini, Selasa, 14 Februari 2023 tepat setahun jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan aksi Kirab Pemilu 2024 melalui 7 titik di Indonesia yakni Aceh, Batam , Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, NTT, Maluku. dan Papua.

Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat Yanuk Sri Mulyani mengajak stake holder dan media bersama menyaksikan live streaming Kirab Pemilu 2024 melalui chanel youtube resmi KPU RI di Hotel Pangeran Beach, Padang.

Dalam sambutannya sesaat sebelum dimulai acara puncak Kirab, Yanuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi nya atas dukungan dan support semua pihak untuk mensukseskan pemilu 2024.

“Kirab Pemilu Tahun 2024 akan dimulai hari ini tepat setahun jelang perhelatan akbar Pemilu (14/2/23) dan berakhir bulan November 2023. Adapun tujuan Kirab ini adalah untuk mengingatkan hari penting pemilu serta sosialiasi ke masyarakat baik terkait dengan peserta pemilu yakni partai pemilu maupun segala sesuatu yang terkait dengan pemilu agar partisipasi masyarakat meningkat di pesta demokrasi kita nanti. ” Jelas Yanuk.

Menurut Yanuk meski Sumbar tidak menjadi titik kirab namun daerah kita juga tetap melaksanakan kirab juga dibeberapa daerah di Sumatera Barat yang nantinya bagi peserta pemilu membawa bendera masing masing partai politiknya, hingga masyarakat bisa mengenal secara jelas partai politik apa saja yg ikut pemilu nanti.

Peluncuran Kirab Pemilu 2024 di setiap titik menampilkan seni budaya lokal, sambutan ketua KPU serta deklarasi “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa.”.

Rangkaian dimulai dengan pelepasan tim kirab yang mengawal 18 bendera partai politik peserta Pemilu 2024 secara bersamaan di tujuh titik oleh anggota KPU menuju titik estafet berikutnya. (monsis)

Komentar