Senator Emma Yohana Orang Pertama Serahkan Sarat Dukungan Calon DPD RI

SEPUTARSUMBAR, Padang — Bertepatan Hari Ibu 22 Desember, dan Diantar 22 Kaum Ibu-ibu, Hj. Emma Yohana menyerahkan syarat dukungan minimal untuk maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumatera Barat Priode 2024-2029. Tepat pukul 2 siang, Kamis, (22/12/2022), Hj. Emma Yohana beserta rombongan datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, di Jalan Pramuka No. 9 Padang.

Disambut komisioner KPU, Gebril Daulai dan Sekretaris KPU, Firman lansung diterima di Aula kantor KPU.

Gebril mengatakan, dari 30 orang yang mengajukan permohonan pembukaan akun SILON calon DPD ke KPU RI, baru satu yang menyerahkan sarat minimal dukungan ke KPU.

“Hari ini Hj. Emma Yohana orang pertama yang menyerahkan sarat dukungan minimal ke KPU,” ujar Gebril.

Sarat minimal dukungan yang harus di serahkan untuk Sumatera Barat adalah 2 ribu pemilih yang tersebar minimal di 10 Kabupaten dan Kota.

“Saat ini jumlah pemilih Sumatera Barat berada di angka 3,7 juta pemilih, sehingga sarat minimal yang harus diserahkan sebanyak 2 ribu pemilih,” ujar Komisioner yang pernah menjadi wartawan tersebut.

Lebih lanjut Gebril mengatakan, KPU terakhir menerima penyerahan dukungan tersebut tanggal 29 Desember ini, pukul 23.59 WIB.

Sementara itu, Hj. Emma Yohanna menerangkan yang dia serahkan ke KPU Sumbar hari itu berupa syarat dukungan masyarakat bagi dirinya untuk mencalon kembali maju di pemilihan DPD RI.

“Dimana syarat untuk maju ke DPD RI dari Sumbar itu minimal 2 ribu dukungan. Namun hari ini (Kamis, red) saya serahkan jumlah dukungan sekitar 4.935 dukungan yang tersebar di 19 kabupaten kota di Sumbar. Awalnya kami sediakan 5 ribu lebih dukungan namun ada yang diperbaiki sehingga jumlahnya menjadi 4.935 dukungan,” ujar Emma Yohanna. (rob)