Sempat Mangkrak 2 Tahun, Erick Thohir: Andre Rosiade Perjuangkan Kelanjutan Tol Padang-Sicincin

SEPUTARSUMBAR, Padang – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meninjau pelaksanaan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin yang merupakan bagian dari Tol Sumbar-Riau, Rabu (6/3/2024) siang bersama anggota DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade dan manajemen PT Hutama Karya (HK). Mereka memastikan melanjutkan pembangunan tol yang sempat mangkrak selama dua tahun.

Erick mengakui, sempat terbengkalainya pembangunan karena tidak selesainya masalah ganti rugi lahan. Bahkan angggaran yang sudah diplot sempat dipindahkan. Begitu juga dengan PT HK yang sudah memindahkan posko dan pekerjanya ke lokasi lain karena ketidakjelasan kelanjutan pembangunan akibat belum tuntasnya pembebasan lahan.

“Akhirnya ada tokoh Sumbar, Andre Rosiade yang datang sebagai anggota DPR ke pemerintah pusat. Memperjuangkan dilanjutkannya kembali pembangunan tol Padang-Sicincin. Karena sudah menjadi harapan semua masyarakat Sumbar baik di Sumbar atau di rantau,” kata Erick Thohir usai meresmikan Stasiun Lambuang di Bukittinggi.

Erick memuji perjuangan Andre yang sampai bertemu dirinya, Menteri PUPR dan sejumlah BUMN yang terlibat seperti HK. Bahkan memperjuangkan kembali anggaran di DPR sehingga pembangunan bisa dilanjutkan.

Tentu ini menjadi catatan bagi pusat, apalagi Andre Rosiade juga bisa meyakinkan Pemda untuk segera menuntaskan pembebasan lahan.

“Sumbar beruntung punya Andre Rosiade yang begitu keras berjuang untuk pembangunan. Khusus tol Padang-Sicincin ini, kalau tak ada Andre mungkin anggaran yang sudah pindah, pekerja yang sudah pergi ini belum tentu akan kembali. Akhirnya, anggaran disiapkan dan sekarang pembangunan kembali bisa dilanjutkan,” kata Erick Thohir.

Erick meminta kepada Pemda Sumbar untuk terus memastikan pembebasan lahan agar pengerjaan tol bisa terus berjalan. Jangan sampai nanti dihentikan kembali karena tidak tersedianya lahan yang akan dibangun.

“Kami melihat kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kunci pembangunan. Semoga kita tidak mendengar lagi ada persoalan lahan di proyek pembangunan tol ini,” kata pria yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini.

Sementara itu, Andre Rosiade beterima kasih kepada Erick Thohir yang kembali melihat langsung pembangunan jalan tol Padang-Sicincin. Dia berharap pembangunan terus dilanjutkan agar masyarakat Sumbar juga bisa menikmati jalan istimewa itu.

“Terima kasih pak Presiden Jokowi, pak Menteri PUPR dan pak Menteri BUMN Erick Thohir yang telah membantu pembangunan ini. Kita semua berharap ini bisa terus dilanjutkan pengerjaannya,” kata wakil rakyat Dapil Sumbar 1 ini.

Andre Rosiade mengakui, saat mangkrak dua tahun, banyak tokoh dan masyarakat Sumbar yang menghubunginya. Meminta agar membantu keberlanjutan proyek tol Padang-Sicincin.

“Alhamdulillah, berkat bantuan pemerintah pusat, pembangunan bisa dilanjutkan. Kita berharap tol Sumbar-Riau atau Padang-Pekanbaru ini benar-benar bisa tersambung. Karena di Riau sudah dekat ke batas Sumbar di Limapuluh Kota,” tutur Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar tersebut (adr)

Komentar