Seluruh Ketua RW dan RT se Kelurahan Kampung Lapai Kecewa Pada Wako Hendri Septa

SEPUTARSUMBAR, Padang — Sebanyak 8 Ketua RW dan 43 Ketua RT serta Ketua kelompok PKK se kelurahan Kampung Lapai, Kec. Nanggalo, Kota Padang, kecewa pada Walikota Padang, Hendri Septa. Mereka kecewa karena Wako Hendri Septa tak menghadiri alek gadang Kelurahan Kampung Lapai dengan agenda Pelantikan Ketua RW dan Ketua RT serta Ketua Kelompok PKK se Kelurahan Kampung Lapai, Sabtu (8/1/2022) di PAUD Amanah, Wisma Indah II Lapai, Padang.

Kekecewaan para Ketua RW, RT dan PKK tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kampung Lapai, Sonny Affandi, ST, dalam sambutannya pada acara pelantikan tersebut.

DomaiNesia

Sebagai pihak yang dipercayakan warganya untuk mengomunikasikan soal kehadiran Wako Hendri Septa ini, Sonny mengaku kecewa, karena sehari sebelumnya Wako Hendri Septa telah menyatakan akan hadir. Dan soal kehadiran walikota ini juga sudah disampaikan pada Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan dan para ketua RW dan RT yang akan dilantik.

“Tapi pada hari H pelantikan, Wako Hendri Septa tak datang. Parahnya lagi, tanpa mengirim perwakilannya. Saya jelas malu pada warga dan sangat kecewa pada walikota Hendri Septa,” tegas Sonny yang juga pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Sumbar.

Padahal, lanjut Sonny, untuk menyambut kedatangan walikota ini, panitia pelantikan telah mengemas acara dengan apik dan meriah, termasuk menyediakan gerai makan dan minuman untuk sarapan para tamu dan undangan serta masyarakat yang menyaksikan. Bahkan acara pelantikan diawali dengan prosesi pasambahan adat dari kelompok Basurah adat Kelurahan Kampung.

“Kurang apa perhatian dan kontribusi Kelurahan Kampung Lapai pada Kota Padang. PKK Kampung Lapai juara I tingkat Kota Padang dan Sumbar. Untuk mensupor program pemerintah khususnya Kota Padang, LPM Kota Kampung Lapai satu satunya LPM di Kota Padang yang telah 4 kali menggelar gebyar vaksinasi dan itu juga tak pernah dihadiri walikota Hendri Septa,” ungkap Sonny.

Soal prestasi dan partisipasi masyarakat Kelurahan Kampung Lapai, diakui oleh Ishak, yang hadir mewakili Camat Nanggalo, yang tidak bisa hadir karena sakit.

Dalam sambutannya, Ishak mengatakan bahwa Kelurahan Kampung Lapai memang selalu terdepan dalam beberapa program kegiatan di tingkat kecamatan maupun Kota Padang.

“Luar biasa. Inilah pelantikan RW dan RT serasa pelantikan Walikota. Kondisi ini tak terlepas dari peran dan partisipasi Ketua LPM Kampung Lapai, termasuk pembangunan Kantor Lurah Kampung Lapai,” ucap Ishak.

Ketidakhadiran Wako Hendri Septa. juga dikomentari sejumlah warga yang hadir. Menurutnya, Ketua RW, RT dan Ketua Kelompok PKK merupakan ujung tombak bagi Walikota dalam mensosialisasikan visi misinya sebagai kepala daerah. Apalagi di tahun politik mendekati 2024 ini, keberadaan ketua RW dan RT sangat strategis karena mereka yang punya warga.

“Saya melihat, sebagai orang politik, Wako Hendri Septa tidak bisa memanfaatkan panggung yang disiapkan oleh Sonny selaku Ketua LPM Kampung Lapai. Kalau wargnya sudah kecewa yang rugi justru Wako Hendri Septa sendiri,” ucap Dahnil, warga Kelurahan Kampung Lapai. (ms/ald)