Road to WIES 2025 Pusatkan Masjid sebagai Pemberdayaan Wirausaha Sumbar

SEPUTARSUMBAR, Padang – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar dan Dinas Pariwisata (Dipsar) Sumbar bakal menggelar Road to WIES (World Islamic Entrepreneur Summit) 2025 pada Minggu (7/7/2024) mendatang. 

Event ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemprov Sumbar dan BPPD Sumbar.

Ketua BPPD Sumbar Sari Lenggogeni mengatakan, Road to WIES ini merupakan langkah persiapan guna menyongsong WIES 2025 yang direncanakan akan digelar pada pertengahan 2025 mendatang.

“Road to WIES 2025 merupakan ‘Gong’ persiapan WIES 2025, yang akan tetap dan selalu dilaksanakan di Sumbar. WIES adalah milik Sumbar, kebanggaan ‘Urang Awak’,” kata Sari di Padang, Rabu (3/7/2024).

Dia pun meminta dukungan penuh dari pemerintah, pebisnis, Gen-Z, pelaku ekraf, UMKM, dan masyarakat guna mensukseskan gelaran event Internasional tersebut.

“Kita berharap siapapun Kepala daerah yang terpilih nanti, tetap menjadikan WIES sebagai agenda yang bermanfaat bagi stakeholder, serta branding Sumbar yang memiliki sejarah dagang dan pariwisatanya,” harapnya.

Untuk Road to WIES 2025 ini, pihaknya mengusung Masjid sebagai pusat pemberdayaan wirausaha dan inovasi. “Akan dibahas oleh lima pembicara hebat dari berbagai negara,” katanya.

Gelaran ini akan dibuka Keynote Speaker oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Kemudian, para pembicara diantaranya, Presiden Director MFB & Co. Company Prof Mohammad Fida Bahjat dari Arab Saudi, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, dan Program Manager Halal Industry Development Departmen of Trade & Industry Filipina Aleem Siddiqui Guiapal.

Kemudian, COO dan Co-Founder Incitement Zikry Kholil dari Malaysia dan Ketua Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta Prof Nasaruddin Umar MA dengan dimoderatori oleh Direktur Dakwah Center Masjid Kapal Munzalan M Adia Nugraha.

“Spesial Perform dari Art Birama Padang Panjang dengan tema Rantau dan Syiar Islami Minangkabau yang disusun oleh Susandra Jaya,” terangnya.

WIES merupakan gagasan yang terbetuk dari Menparekraf pada pelantikan BPPD Sumbar pada April 2022 lalu, bersama dengan Pemprov Sumbar.

“WIES 2023 sukses digelar, dan kita bersyukur dapat menghadirkan petinggi negara, investor, pebisnis, akademisi, modest fashion sebagai wujud kongkrit Indonesia menuju halal hub dunia,” katanya.

Tidak sampai disitu, Sumbar juga mendapatkan dampak besar pada gelaran WIES 2023. “Dengan perkiraan total nilai PR, transaksi dan lainnya mencapai impact lebih dari Rp 22,5 miliar,” pungkasnya. (rel/ikh)

Komentar