RDP Dengan Pertamina dan PLN, Hj. Nevi Zuairina Minta Optimalisasi Kesiapan BUMN Energi menjelang Idul Fitri dan Mudik Lebaran 2023

SEPUTARSUMBAR, Jakarta — Anggota Komisi VI DPR RI, Hj. Nevi Zuairina, pada rapat dengar pendapat komisi VI dan BUMN energi meminta agar perusahaan plat merah ini dapat mengoptimalisasi kesiapannya dalam menghadapi idul fitri dan mudik lebaran tahun 2023.

“Saya minta PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dalam memastikan kesiapan BUMN Energi menghadapi Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023. Dan seluruh anggota komisi VI pun telah mendukung upaya BUMN energi dalam mengimplementasikan kinerjanya pada moment ini,” tutur Nevi.

Legislator asal Sumatera Barat II ini perlu memperhatikan adanya segala sesuatu yang dapat terjadi. Semua skenario diminta dicarikan simulasi solusinya. Untuk itu, perusahaan plat merah itu pun diminta menyiapkan manajemen krisis terbaik dan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk mengantisipasi kejadian buruk yang mungkin terjadi.

“Saya berharap tidak ada lagi kejadian kelangkaan BBM seperti yang pernah terjadi di Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2022 yang lalu, agar tidak menghambat masyarakat yang melakukan perjalanan mudik khususnya di wilayah luar pulau Jawa,” tutur Nevi memberi ilustrasi.

Anggota FPKS ini pun juga meminta BUMN Energi melakukan koordinasi dengan instansi Kementerian/Lembaga guna memastikan ketersediaan stok, ketepatan waktu distribusi dan stabilisasi BBM menghadapi Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023.

Nevi juga menyarankan agar pertamina memiliki strategi untuk mencegah “mengular” nya antrian masyarakat yang ingin membeli BBM di SPBU khususnya di wilayah ruas tol.

“PT Pertamina (Persero) untuk memitigasi risiko yang mungkin terjadi akibat antrian pada SPBU,” katanya.

Menurut Nevi, salah satu upaya dalam memberi solusi agar manajemen pasokan bagus adalah BUMN Energi mesti memastikan keamanan pasokan listrik dari hulu ke hilir di seluruh pembangkit di Indonesia menghadapi Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023.

“Dan kepada masyarakat yang hendak mudik, saya menghimbau agar memastikan keamanan rumahnya berkaitan dengan elektricity. Untuk itu, ia minta PLN mensosialisasikan keamanan listrik terutama untuk rumah yg ditinggal menghadapi Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023,” tutup Nevi Zuairina. (Adv)

Komentar