Rangka HUT ke-52, DPD ASITA Sumbar Tanam Mangrove di Pulau Kapo Kapo Kawasan Mandeh

SEPUTARSUMBAR, Pessel — Menjadikan Hari Ulang Tahun Association of Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) ke-52, rombongan ASITA Sumbar yang dikomandoi oleh Arlan Diskunata melakukan penanaman Pohon Manggrove di Pulau Kapo Kapo, Kawasan Objek Wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan ini diprakarsai oleh Lily dari Duta Pesona.

Arlan yang juga Ketua DPD ASITA Sumbar didampingi Sekretaris Risbon Antoni kepada media ini, Senin (30/1/2023) mengatakan, pilihan lokasi Pulau Kapo Kapo untuk penanaman Manggrove ini, karena Kawasan wisata Teluk Mandeh semakin menempati posisi teratas sebagai destinasi tujuan wisata favourite di Sumbar. Setiap Akhir pekan, tingkat kunjungan wisatawan semakin meningkat. Sebahagian besar wisatawan datang dari Provinsi Riau, Jambi dan Bengkulu.

“Mereka berdatangan dengan kendaraan pribadi, bersama keluarga dan tak jarang dalam bentuk rombongan menggunakan bus pariwisata. Kondisi ini bisa dilihat banyaknya kendaraan ber plat mobil luar Sumbar dan penginapan dari homestay sampai dengan resort hampir fullbooked setiap Sabtu dan Minggu. Karena itu, kawasan ini perlu jadi perhatian serius berbagai kalangan dan pemangku kebijakan,” ungkap Arlan.

Ditambahkan Arlan, sektor pariwisata memiliki multi flyer effect yang luar biasa terhadap banyak aspek, selain dunia kerja, juga sektor pertanian, perkembunan dan bahkan Peternakan.

“Meningkatnya kunjungan wisatawan, selain berimbas terhadap aspek perekonomian masyakarat secara langsung, karena perputaran uang di Kawasan Mandeh. Namun Juga peluang mengajak wisatawan terlibat hal yang positif dalam berwisata dalam Kawasan Mandeh ini yakni mengajak wisatawan terlibat dalam pelestarian Hutan Mangrove yang banyak terdapat dalam Kawasan ini,” jelas Arlan.

Karena itu, tambah Risbon, DPD ASITA Sumatera Barat melihat kondisi ini sebagai peluang untuk mengajak wisatawan sambil berwisata ikut serta terlibat melakukan hal yang positive pada lingkungan destinasi wisata.

“Program Penanaman Mangrove di Desa cantik Kapo-kapo pulau cubadak dalam Kawasan wisata Teluk Mandeh, kita lakukan dalam memanfaatkan momen HUT ASITA ke-52 tahun 2023 ini. Pulau Kapo Kapo merupakan desa sunyi tanpa listrik dan tanpa signal yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke mandeh. Belum lengkap rasanya kalau ke Kawasan mandeh tidak berkunjung ke Desa ini,” ucap Risbon.

Inisiator penanaman Mangrove, Lily dari Duta Pesona menjelaskan bahwa penanaman manggrove ini merupakan rangkaian Kegiatan Hari Ulang Tahun ASITA INDONESIA ke 52. Kegiatan ini juga dihadiri beberapa pengurus dan Anggota Asita DPD Sumbar.

“Sampainya rombongan di Desa Kapo -kapo, disambut sajian Hidangan Makan siang yang lezat yang sudah disiapkan oleh masyarakat local dengan Menu Spesifik Kalio Gurita. Setelah Makan siang, kegiatan Penamanan Mangrove dimulai, setelah dilakukan sosialisasi dan edukasi tentang mangrove oleh Bang Ronny, tour guide,” kata Lily.

Program ini merupakan Pilot Project dari Asita DPD Sumatera Barat yang mempunyai program membumikan Wisata Positive kepada wisatawan. Sebagai Asosiasi Travel Agent di Indonesia, Asita merasa perlu dan bertanggung jawab menghimbau wisatawan ikut serta terlibat melakukan hal yang bermanfaat di destinasi wisata.

“Jaga alam dan Alam akan menjaga kita. Untuk program ke depannya kita akan banyak agenda kegiatan wisata positive lainya. Tentunya secara tidak langsung akan berimbas terhadap tingkat kunjungan wisatawan dan pelestarian lingkungan dan destinasi wisata,” pungkas Arlan. (ms)

Komentar