Rakernas IKA Unand Digelar, Rustian: Ayo Telurkan Program yang Bisa Kita Eksekusi

SEPUTARSUMBAR, Padang, — Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IKA Unand digelar secara hybrid, bahkan Ketua Umum DPP IKA Unand Rustian membuka Rakernas dari Lumajang lokasi bencana erupsi Semeru, Sabtu 11/12-2021.

Pada pembukaan Rustian mengucapkan terima kasih atas respon semua unsur mensukseskan dengan hadir di Rakernas pertama Kepengurusan DPP IKA Unand Periode 2021-2025.

“Allhamdulillah, akhirnya satu agenda besar IKA Unand hari ini kita gelar, Rakernas adalah tolok ukur meretas program. kerja untuk DPP IKA Unand, terima kasih kepada semua elemen terlibat di Rakernas yang berlangsung secara hybrid ini,” ujar Rustian, Sabtu pagi.

Rustian juga berharap Rakernas menelurkan program kerja yang bisa dieksekusi oleh DPP IKA Unand di masa periode kepengurusan.

“Buat program yang realistis dan bisa dieksekusi, jangan sepakati program muluk-muluk yang menjadi bumerang bagi DPP IKA Unand merealisasikannya,” ujar Rustian.

Sementara itu, Rektor diwakili Wakil Rektor III Unand Insannul Kamil disambutannya lebih menekankan soal kolaborasi dan sinergistas apalagi mengarungi statua PTNBH Unand.

“Unand optimis kerja keras di masa transisi PTNBH ini tidak akan dibiarkan oleh alumni bekerja sendiri. Ayo kita berkolaborasi dan bersinergi untuk kedjajaan bangsa,” ujar Insannul.

Sementara alumni tersenior di DPP IKA Unand seklaigus Ketua SC Rakernas dan Pimpinan Sidang Rakernas di lokasi Sekretariat IKA Unand Kimangun Sarkoro, Mukhsin AR. mengatakan pelaksanaan Rakernas berjalan lancar sampai pleno siang ini.

“Semua bekerja sesuai sistem karena Rakernas berlangsung hybrid, dihadiri 137 perserta dari semua unsus DPP IKA Unand, DPD dan DPC IKA Unand, juga utusan dari DPP IKA Fakultas se Unand,” ujar Mukhsin AR didamping Ketua OC Rakernas M Riendra dan Sekretaris OC Rakernas Marwansyah.

Menurut Mukhsin Rakernas berlangsung simple ada dinamika tapi tidak begitu alot.

“Ini karena Waketum DPP IKA Unand membidangi beberapa departemen telah menggelar Pra Rakernas yang menghasilkan program diusulkan ke Rakernas hari ini,” ujar Mukhsin AR.

Selain itu Rakernas juga menyarankan segera Kongres. Luar Biasa (KLB) IKA Unand untuk perubahan AD/ART IKA Unand.

“Ada banyak dasar yang mendesak digelar KLB selain telah menjadi ketetapan Kongres VI IKA Unand, yaitu: perubahan statua PTNBH Unand, soal struktur kepengurusan IKA Unand di semua tingkat kepengurusan, juga soal posisi IKA Unand dengan yayasan pendidikan yang mengelola. Unidha, serta perubahan pradigma organisasi dari social capital ke invest capital, ini harus terakomodir pada perubahan AD/ART kedepan,” ujar Mukhsin AR.

Rakernas berlangsung dua tempat di Padang dan di Jakarta, untuk di Jakarta Sidang Rakernas dipimpin Waketum I DPP IKA Unand Suwirman dan Sekjen DPP IKA Unane Reni Mayerni.

DPD IKA Unand seperti DKI Jakarta mengemukakan eksistensi organisasi alumni harus dipertegas dan diperjelas kedepannya.

“Harus ada program yang fokus soal pemberdayaan organisasi dan menjadi jembatani tamatan Unand untuk mendapatkan pekerja, sentralnya harus diadakan di Jakarta,” ujar Ketua DPD IKa Unand Jabodetabek Mulyadi Mukhtar. (rls/hms-rakernas)