Rakernas IKA FH Unand Hasilkan 5 Kesepakatan, Platform Digital Jadi Prioritas

SEPUTARSUMBAR, Padang — Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas (IKA FH Unand) menghasilkan lima kesepakatan utama dalam rapat kerja nasional (rakernas) yang digelar di kampus FH Unand, Jalan Pancasila, Padang pada Sabtu (10/9/2022).

Ketua Umum IKA FH Unand Prim Haryadi mengatakan, hasil rakernas yang dibahas lima bidang akan menjadi acuan dalam melaksanakan kepengurusan DPP IKA FH Unand periode 2022-2026. “Ada beberapa program yang akan dibahas kembali agar lebih matang,” katanya.

Saat menutup acara, Prim membacakan lima poin kesepakatan rakernas. Pertama, perlunya sinkronisasi sejumlah program yang beririsan antar bidang. Kedua, pelaksanaan program nasional prioritas, yakni pembangunan platform digital untuk database alumni dan turnamen golf.

Ketiga, pelaksanaan program reguler seperti menghadiri wisuda dan menggelar halal bi halal. Selanjutnya, keempat, pelaksanaan program yang telah disusun masing-masing bidang. Kelima, pembentukan tim kecil untuk menyempurnakan AD ART IKA FH Unand.

Selain pembangunan platform digital ekosistem alumni, bidang pertama dalam kepengurusan memancang sejumlah rencana. Antara lain, mengembangkan beasiswa dan program magang untuk mahasiswa.

Bidang kedua dalam kepengurusan antara lain merencanakan kelas pelatihan oleh alumni, workshop tematik, diskusi dan publikasi karya. Sementara, bidang ketiga membuat prkgram di bidang kemitraan, kewirausahaan, seni-budaya dan olah raga.

Sedangkan bidang keempat, merencanakan program publikasi kegiatan organisasi
dengan memanfaatkan media multiplatform dan media sosial, kerja sama dengan media massa dan pers kampus, menerbitkan buku dan mendukung penyiaran informasi event dari berbagai bidang.

Sementara, bidang kelima, antara lain merencanakan kolaborasi dalam mempercepat proses terwujudnya kerjasama dengan universitas dan lembaga di luar negeri, menggelar education fair oleh provider beasiswa luar negeri, serta kerja sama riset dan publikasi alumni dengan dosen.

Acara rakernas kali ini dibuka Wakil Dekan II Fakultas Hukum Universitas Andalas Rembrandt, dihadiri Rektor Unand Yuliandri dan puluhan alumni. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan diskusi bidang dan kemudian dibawa ke pleno. (rel)