PT. Semen Padang Kirim Bahan Makanan untuk Dapur Umum di Pessel

SEPUTARSUMBAR, Padang – Menyikapi bencana banjir yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), PT Semen Padang menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan untuk kebutuhan dapur umum.

Bantuan bahan makanan yang terdiri dari beras, ayam, telur, bawang, cabe, bumbu masak, minyak goreng, kentang, tomat, tempe dan lain sebagainya itu, diserahkan oleh Dirut PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Syaifullah, di Plaza di Kantor Pusat, Minggu (9/3/2024).

Penyerahan bantuan tersebut, turut disaksikan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Sumbar, Siti Aisyah, serta sejumlah staf pimpinan PT Semen Padang. Diantaranya, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, dan Kepala Unit CSR , Dedi M Sidiq.

Dirut PT Semen Padang, Indrieffouny Indra mengatakan, bencana banjir di Pesisir Selatan ini merupakan musibah yang sangat memprihatinkan. Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, PT Semen Padang bergerak cepat menyalurkan bantuan berupa bahan makanan untuk kebutuhan dapur umum.

“Semen Padang sebagai bagian dari masyarakat Sumbar, kami menyampaikan prihatin dan turut berduka atas musibah banjir yang terjadi dibeberapa daerah di Sumbar, termasuk Pesisir Selatan. Sebagai kepedulian kami terhadap masyarakat terdampak, kami mengirimkan kebutuhan bahan mentah untuk dapur umum,” katanya.

Bantuan ini disalurkan, sebut Indrieffouny, karena dampak banjir membuat suplai bahan makanan banyak terputus, begitu juga dengan pasar-pasar juga ikut terdampak. Maka dari itu, PT Semen Padang ikut menyiapkan kebutuhan bahan makanan, supaya masyarakat yang terdampak banjir masih bisa terus terpenuhi kebutuhannya, terutama untuk masalah pangan atau makanan.

Kepada masyarakat terdampak bencana, apalagi bencana banjir ini terjadi menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1445 Hijryah, PT Semen Padang sebagai perusahaan yang peduli terhadap musibah tersebut, berharap agar masyarakat yang terdampak tetap sabar menghadapi bencana ini.

“Bencana ini merupakan ujian dari Allah menjelang masuknya bulan Ramadan. Mudah-mudahan dalam kondisi penuh keterbatasan, masyarakat yang terdampak nantinya bisa tetap melaksanakan puasanya dan ibadah lainnya di bulan Ramadan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Syaifullah, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan bahan makanan untuk masyarakat terdampak banjir di Pessel. Bantuan ini akan didistribusikan langsung ke dapur umum di Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Pemprov Sumbar melalui Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum. Memang saat ini, kami masih kekurangan bahan mentahnya. Alhamdulillah, Semen Padang ikut membantu kami untuk kebutuhan bahan mentahnya. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Semen Padang yang telah memberikan bantuan,” katanya.

Pasca hujan deras yang mengguyur di berbagai wilayah di Sumbar sejak Kamis (7/3/2024), berdampak kepada banjir dan longsor di sejumlah Kabupaten/Kota.

PT Semen Padang sebelumnya, telah menyalurkan bantuan kepada korban banjir di lingkungan perusahaan dan Kota Padang, serta menerjunkan alat berat untuk penanganan banjir di jalur Padang-Solok.

Khusus di Pessel, dari data Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Padang, hingga Sabtu, 9 Maret 2024, diketahui total korban meninggal akibat bencana banjir di Kabupaten Pessel mencapai 16 orang. Tim SAR gabungan masih mencari 7 orang lainnya yang hilang.(adr)

Komentar