Prof Asrinaldi jadi Dosen Berprestasi Pada Lustrum VI FISIP UNAND

SEPUTARSUMBAR, Padang — Prof. Dr. Asrinaldi, M.Si didaulat sebagai Dosen Berprestasi FISIP UNAND tahun 2023 pada Lustrum Keenam.
Berikutnya Tenaga Kependidikan terpilih Emrizal, M.Kom, sedangkan dari mahasiswa dinobatkan Wulan dari Departemen Ilmu Komunikasi.

Dinobatkan Dosen berprestasi jadi jalan terang bagi Prof Asrinaldi yang Senin 15 Mei 2023 dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Politik UNAND.

Penghargaan dosen berprestasi kepada Prof Asrinaldi diserahkan pada acara Lustrum FISIP, Kamis 11/5-2023 di di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis..
Hadir para dekan se-UNAND, Direktur Pascasarjana UNAND Prof. Nursyirwan Effendy, para kepala departemen enam jurusan di FISIP, tenaga tendik dan 600 mahasiswa se-FISIP UNAND.

Penghargaan diserahkaan oleh Rektor UNAND diwakili Wakil Rektor III, Ir. Insannul Kamil, Ph.D.

Dekan FISIP UNAND, Dr. Azwar,M.Si menyatakan, dengan penyelenggaraan pemilihan dosen berprestasi di tingkat FISIP ini, setiap perguruan tinggi diharapkan terdorong untuk memiliki sistem penghargaan yang terprogram bagi dosen yang memiliki prestasi tinggi dalam pelaksanaan kegiatan Tridarma nya.

“Selain itu, dapat menjadi informasi yang berharga bagi perguruan tinggi untuk menentukan prioritas pengembangan menuju daya saing. Dosen merupakan tenaga akademik yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat,” jelas Azwar.

Sudah selayaknya pemberian penghargaan diberikan kepada dosen yang memiliki prestasi yang dibanggakan oleh Perguruan Tingginya dalam bidang tridarma Perguruan Tinggi.

Pemberian penghargaan akan mendorong dosen untuk berprestasi secara lebih produktif. Dengan demikian prestasi yang semakin produktif itu diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan pengembangan sistem pendidikan tinggi khususnya, dan pembangunan Nasional pada umumn. Prof Asrinaldi merespon atas keterpilhan dirinya sebagai dosen berprestasi.

Dikatakannya, pemilihan dosen berprestasi diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan motivasi secara berkelanjutan di kalangan sivitas akademika untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam melaksanakan Tridarma perguruan tinggi dan meningkatkan produktivitas Perguruan Tinggi;

“Menciptakan suasana akademik yang mengarah kepada terwujudnya kepribadian ilmuwan yang terpuji, semangat pengabdian dan dedikasi di bidang pendidikan tinggi, serta menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen terhadap profesinya,” sebut pakar politik ini. Ini bukanlah ajang kompetisi, apalagi persaingan, tetapi ruang untuk berkreasi untuk melahirkan karya cipta intelektual sebagai akademisi. Semua dosen punya kesempatan yang sama untuk mencapai predikat terbaik itu,”ujar Prof Asrinaldi yang juga alumnus angkatan 1991 SMA Solok.

Prof Asrinaldi tidak besar di FISiP saja, analisa keilmuannya sering viral di tengah masyarakat.

Bahkan Asrinaldi juga mampu memberikan kritikan sekaligus solusi bagi kehidupan berprovinsi, bernegara dan berbangsa terutama dalam bidang politik dan komunikasi politik yang Prof Asrinaldi sudah berkaliber pakar. (adr)

Komentar