PMI Harus Punya Skil !!! Genius Teken MoU dengan BP2MI

SEPUTARSUMBAR, Jakarta — Pekerja Migran Indonsia (PMI) khususnya asal Kota Pariaman harus dibekali skil dan pasti perlindungn di negara tujuannya.

“Tidak asal kirim pekerja migran saja, harus punya skil berkualitas dan pasti perlindungnya,” ujar Walikota Pariaman Genius Umar saat bersama kepala daerah lain di Indonesia menandatatangani Nota Kesepakatan dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran indonesia (BP2MI), Rabu 5/10-2022

Nota kesepakatan strategis bagi pemerintah kota Pariaman dalam rangka peningkatan kualitas/ kompetensi dan perlindungan bagi pekerja migran indonesia (PMI).

“Tugas pemerintah itu memberikan rasa aman dan nyaman warganya di mana saja bekerja, jadi kami punya tanggungjawab juga,” ujar Genius.

Peningkatan skil berkualitas tentu PMI ini harus di back up oleh pemerintah.

“Kepada Kepala BP2MI Benni Ramdani saya tegaskan PMI tidak tanggungjawab pemerintah pusat lewat BP2MI saja tapi juga tanggungjawab kami di pemerintah daerah,” ujar Genius.

Tindak lanjut, dari Nota Kesepakatan dengan BP2MI, Genius akan meneruskan dalam bentuk program kepada Dinas Tenega Kerja Pariaman untuk membuat pelatihan menciptakan skil bagi warga Pariaman yang bercita-cita kerja legal ke luar negeri.

“Insya Allah segera kita racik program peningkatan skil warga yang punya minat kerja di luar negeri,” ujar Genius Umar. (adr)