PKDP Kota Padang Adakan Halal bi Halal Bertabur Hadiah

SEPUTARSUMBAR, Padang – Menyambung silaturahmi dan mempererat hubungan kekeluargaan perantau yang berasal dari Piaman Laweh (Kabupaten Padang Pariaman dan kota Pariaman), yang berada di kota Padang, terus melakukan berbagai kegiatan, salah satunya dengan mengadakan halal bi halal.

Perantau Piaman Laweh yang diikat dalam sebuah organisasi Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) kota Padang juga melakukan registrasi pendataan jumlah anggotanya, sehingga dapat terus memantau baik suka maupun duka.

Untuk tahun ini, PKDP kota Padang mengadakan acara halal bi halal, dengan bertabur hadiah, dilaksanakan pada gedung Youth Centre, jalan Bagindo Aziz Can, pada Minggu (5/5/2024), sekaligus melakukan registrasi yang dibantu pengurus kecamatan se-Kota Padang.

Ketua paniti halal bi halal PKDP Kota Padang Indra Yunaidi, atau kerap dipanggil Oyon, yang juga owner Optik Dian, mengatakan, dalam acara tersebut selain banyaknya hadiah seperti motor listrik, mesin cuci dan lainnya, juga akan ditampilkan berbagai kesenian khas Piaman Laweh, diantaranya hoya tabuik.

“Kita akan membagikan ratusan hadiah untuk keluarga besar Piaman Laweh, namun sebelumnya kita juga akan melakukan pendataan dengan menyediakan beberap meja registrasi, sehingga kita tau dari mana asal saudara kita tersebut. Kita juga akan menampilkan berbagai kesenian diantaranya hoyak tabuik, ” Tutur Oyon, Sabtu (4/5/2024).

Pengusaha muda yang sudah sukses membuka berbagai cabang optik di luar Sunatera Barat, seperti Riau dan Aceh juga mengatakan, saat ini ketua DPD PKDP Kota Padang mempercayakan pada kalangan muda untuk menjadi panita, maka saat acara akan dilakukan pelantikan Generasi Muda Pariaman (Gempar).

“Saat ini hampir 100% panitia dipercayakan ketua PKDP Kota Padang berasal dari anak muda Piaman, maka besok kita akan melihat bersama-sama anak muda Piaman juga akan dilantik pengurusnya,” terang Oyon yang juga penguris IMMI dan sering melakukan event balap motor tersebut.

Mempertegas apa yang dikatakan ketua panitia, ketua PKDP Kota Padang, Amril Amin, yang juga wakil ketua DPRD Kota Padang dan Owner Aciak Mart, mengatakan, halal bi halal tahun ini juga mengundang berbagai tokoh, baik yang berasal dari Piaman maupun dari daerah lain, menunjukkan jika organisasi ini sudah dikenal semua komponen.

Amril Amin juga menegaskan, lebih dari 40% warga kota Padang, merupakan perantau yang berasal dari Piaman Laweh, dan sudah berada di kota ini selama puluhan bahkan ratusan tahun, terbukti walikota saat pertempuran berasal dari Pariaman, yakni Bagindo Aziz Can.

“Kita merupakan perantau terbesar di kota Padang, maka itu harus kita tunjukkan dengan kedua nyata dan kekompakan Rang Piaman, salah satunya dengan mengundang berbagai kalangan, sehingga organisasi ini tetap dihormati semua kalangan,” tegas Amril Amin yang kerap disapa Aciak.

Dia juga menegaskan, PKDP juga melakukan berbagai terobosan, salah satunya dengan mengadakan pembinaan regenerasi kepemimpinan, maka saat halal bi halal ditunjukkan dengan kreatifitas generasi muda Piaman sebagai panitia.

“Kita juga akan tunjukkan kalau pembinaan regenerasi kepemimpinan ada di PKDP dengan cara memberi kepercayaan pada kalangan muda untuk menangani berbagai acara, diantaranya halal bi halal dan registrasi perantau Piaman yang ada di kota Padang,” tutup Amril “Aciak” Amin.(nov)

Komentar