Pasien Positif Bertambah, 17 Imported Case

Padang-Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terjadi lonjakan di Sumatera Barat. Dari hasil tracking dan tracing, hampir semua yang terpapar adalah imported case yang local transmission hampir tidak ada.

Dikutip dari info Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Sumbar, dari Kamis subuh 29 Juli 2020, sebanyak 724 spesimen sample swab diperiksa  hasilnya 17 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

DomaiNesia

Pemeriksaan di Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas periksa sebanyak 704 sample swab dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso yang dikoordinir  Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, 17 sample Swab.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, total pasien terkonfirmasi sampai hari ini Kamis 29 Juli 2020 sebanyak 891 orang. Pasien sembuh 751 orang 85,29 persen.

“Dari laporan dua labor yang memeriksa sample Swab terjadi  lonjakan pasien Covid terkonfirmasi sebanyak 17 orang dan sembuh delapan orang. Pasien positif dari Kota Padang sebanyak 15 orang, Padang Pariaman satu orang dan Kabupaten Solok satu orang ” terangnya

“Untuk itu kami mengimbau bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah (pulau Jawa dan sebagian provinsi lainnya di Indonesia), sebaiknya begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) segera lakukan test PCR/SWAB secara gratis. Seluruh biaya test PCR ini ditanggung oleh Pemprov Sumbar” ujarnya.

Disamping itu, kami juga tak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi.

Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker.

“Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan perobahan data, nanti sore kami sampaikan secara resmi” terangnya.(Romelt)