Pahlawan Zaman Now Pelindung Perempuan dan Anak Tanpa Kekerasan

Oleh : Genius Umar

Memaknai hari pahlawan pada zaman now tidak lagi seperti dulu harus menyandang senjata , tapi hari ini siapa pun yang peduli melindungi perempuan dan anak dari aksi kekerasan dan seksual dia adalah pahlawan

Minangkabau dengan sistem sosial secara matriakat dan mayoritas orang taat beragama sebagaimana yang kita tuahkan , adat bersandi syarak , syarak basandi kitabullah (ABSSBK) harusnya perlindungan dan perlakuan terhadap perempuan mendapat perlakuan istimewa , karena bukan hanya adat yang mengajarkan menghormati wanita sebagai bundo kanduang tapi wanita sebagai tiang negara.

Apabila kita melindungi wanita artinya kita menjaga kehidupan dan melindungi anak kita menjaga masa depan.

Tapi kalau melihat fakta yang ada tingkat kekerasan seksual level desa pada 2019 berdasarkan data ternyata sumatera barat desa nomor satu tertinggi pelecehan seksual dan jika kita lihat aduan laporan kekerasan terhadap perempuan sumatera barat masuk ke nomor sepuluh besar di indonesia ini dengan catatan masih banyak yang takut melapor karena merasa malu dan runtuh martabat ninik mamak , kaum dan datuknya.

Melihat persoalan ini , kejadian ini banyak dilakukan oleh orang terdekat bahkan sampai ke lingkungan sekolah ataupun mengaji tidak luput dari ancaman kekerasan termasuk pelecehan seksual dan jika kita mau jujur angka LGBT kita sudah mulai mengkhawatirkan.

Tentu saja ini menjadi paradoks , kita yang merasa suku paling banyak bermalu , taat beribadah ternyata kemerosotan moral juga sangat menghantui.

Tentu saja ini menjadi tugas kita bersama , harus ada rasa empati dan tentu saja keberanian untuk bicara , kita tidak boleh diam , kalau kita biarkan sumatera barat sudah seperti fenomena gunung es.

Dinas PPA Bisa merangkul seluruh stake holder untuk memerangi dan stop kekerasan terhadap perempuan dan anak , tidak cukup hanya satgas di kampus tapi harus menyentuh semua lapisan satgas sekolah dan satgas nagari bahkan ke jorong – jorong , memperingati hari pahlawan 2022 sudah saatnya kita berani bicara , melaporkan jika melihat , mendengar atau mengetahui kejadian kekerasan agar angka kekerasan seksual perempuan dan anak di sumatera barat berkurang bahkan habis termasuk bagaimana desa bersinar (bersih narkoba).

Semua orang yang peduli untuk pemenuhan hak perempuan dan anak , terhindar dari aksi kekerasan , seksual dan narkoba dialah sesungguhnya pahlawan zaman now.

Perempuan dan anak adalah kelompok rentan. Perempuan memang hanya separuh dari penduduk dunia, namun tak ada satupun manusia lahir di dunia tanpa melalui seorang perempuan. Jangan pernah mengabaikan perempuan dan anak. Melindungi perempuan adalah melindungi kehidupan dan melindungi anak adalah melindungi masa depan.

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak , Mari Kita Bersihkan Sumatera Barat dari Narkoba.