Ngopi Bareng Wartawan, Prof Mahfud Ungkap Tentang Sumbar, Wartawan dan Menteri Kabinet

SEPUTARSUMBAR, Padang — Tak butuh waktu lama, Minggu 17/12-2023 Cawapres Prof Mahfud MD kembali ke Padang Sumatra Barat (Sumbar).

Waooo, ternyata Padang khususnya dan Sumbar masuk daerah prioritas pemenangan Ganjar Mahfud di Pemilu 2024.

Sebenarnya apa yang menarik bagi Prof Mahfud tentang Kota Padang.

“Sumbar khas, tidak saja tentang sejarah beridiri republik tapi kaya dengan sumber daya alam kritis, dalam geopolitik Sumbar itu berada di road map politik klasifikasi penting,”ujar Prof Mahfud saat Ngopi dengan Wartawan di Kantor Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Sumbar.

Mahfud mengakui bagaimana komitmen Sumatra Barat terhadap kemerdekaan Indonesia.

“Tidak saja terkenal dengan semangat perjuangannya memerdekakan tanah air. Tapi juga pemikir ulung dalam meletakan landasan bernegara, seperti Muhammad Hatta, Syahrir, Agus Salim, Natsir, Muhammad Yamin, Tan Malaka dan banyak tokoh republik lain berdasarh minang,”ujar Mahfud

Bahkan konsep Dwi tunggal diteriakkan Bung Karno dulu, akan menjadi pijakan Ganjar-Mahfud jika diamanahkan menjadi Presiden. Dan Wakil Presiden di NKRI ini.

“Kombinasi kepemimpinan Soekarno dan Hatta, Ganjar-Mahfud satu-satunya Paslon Presiden yang real mengadopsi konsep dwi tunggal di era Indonesia pasca 2024,” ujar Mahfud MD saat berdebat dengan Ketua Jaringan Pemred Sumbar Adrian Tuswandi pada Ngopi Bareng Wartawan Minggu siang tadi itu.

Bahkan Mahfud didampingi Ketua TPD sekaligus Ketua Hanura Sumbar Febby Dt Bangso dan Tokoh Kota Pariaman Genius Umar, Sekretaris TPD Sumbar Syamsul Bahri, ketua Bapilu PDI Perjuangan Yogi Yolanda didesak terkait komposisi kabinet ketika amanah diberika. Indonesia kepada Ganjar-Mahfud, tegaskan ada putra terbaik Minang di kabinet dan pemerintahan nya.

“Secara geopolitik kabinet harus ada satu atau beberapa orang putra terbaik Minangkabau, dan itu tetap melalui penilaian kemanfaatan bagi jalannya roda pemerintahan Indonesia kedepan,”ujar Mahfud.

“Kalau wartawan gimana Pak Prof Mahfud?,” sela Adrian Tuswandi.

Wartawan itu bagi Mahfud MD adalah elemen penting bagi negara terutama menasbihkan Indonesia sebagai negara demokrasi.

“Saya selalu berharap kawan pers selalu komit dan konsisten memberikan penyadaran tentang demokrasi yang dibangun secara sehat,”ujar Mahfud

Ganjar-Mahfud selalu memberikan ruang lebar kepada wartawan untuk kukuh menampilkan kedewasaan berpikir
Jurnalis independen.

“Itu tidak saya saja, tapi negara harus hadir membantu sepenuhnya, bagaimana pers ideal dan pengharagaan negara kepada wartawan. Ingat wartawan itu tidak saja pilar demokrasi tapi wartawan itu punya andil mempercepat kemerdekaan Indonesia dulu,” ujarnya.

Pers harus bagus. “Ganjar-Mahfud pasti nomor satukan jurnalis ideal dalam Tatan demokrasi bangsa, karena itu di Ganjar-Mahfud wartawan harus sejajar dengan eksekutif, legislatir dan yudikatif,” ujar Mahfud saat Ngopi Bareng wartawan di Kantor TPN Ganjar Mahfud Sumbar.

Prof Mahfud tokoh penting yang sangat humble dengan jurnalis dalam hal apa saja terpenting tahu akan masalah yang akan dikonformasi oleh pers.

“Kita Tak ada gunanya berteriak di hadapan ratusan ribu orang tanpa ada wartawan, pers itu adalah andalan saya,” ujar Mahfud. (ald)

Komentar