Nevi Zuairina Turut Berpartisipasi Pada Bantuan Korban Banjir Pesisir Selatan

SEPUTARSUMBAR, Pessel – Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Hj. Nevi Zuairina dalam upaya tanggap bencana banjir yang melanda wilayah Pesisir Selatan, bersama PKS Sumbar menunjukkan aksi nyata melalui program “PKS Peduli Banjir Pesisir Selatan”. Pada Minggu, 17 Maret 2024, di bawah koordinasi Ketua DPW PKS Sumbar, organisasi ini menurunkan 150 relawan bencana. Aksi ini merupakan cerminan dari komitmen PKS untuk menjadi pelayan masyarakat, menunjukkan kepedulian yang tidak terbatas pada periode pemilu saja.

Wilayah Surantih dan Tarusan, yang teridentifikasi sebagai daerah paling parah terdampak oleh bencana banjir beberapa hari lalu, menjadi fokus utama penanganan. Relawan PKS terjun langsung ke lapangan, melakukan gotong-royong bersama warga setempat untuk membersihkan sisa-sisa banjir. Fasilitas umum seperti mushola, sekolah, dan jembatan dibersihkan dari material yang terbawa banjir, sebagai upaya mempercepat pemulihan kondisi daerah tersebut.

Di tengah upaya tersebut, Hj. Nevi Zuairina, yang juga Anggota DPR RI Komisi VI, melalui relawan yang terjun langsung ke lapangan turut serta dalam kegiatan penyaluran bantuan. Dikenal sebagai sosok yang dekat dengan rakyat, Hj. Nevi Zuairina mengambil inisiatif langsung dalam distribusi bantuan yang terdiri dari dana dan sembako. Bantuan ini ditujukan untuk membantu meringankan beban masyarakat Pesisir Selatan yang terdampak banjir.

“Bantuan yang kami salurkan hari ini bukan hanya sekedar tanggapan atas bencana, tetapi juga sebagai bentuk solidaritas dan empati kami kepada saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan,” ungkap Hj. Nevi Zuairina. Jumlah dana dan detail distribusi sembako diatur sedemikian rupa untuk memastikan keadilan dan kecukupan bagi para penerima manfaat.

Penyaluran bantuan tersebut tidak hanya terbatas pada aspek material saja. Program rehabilitasi dan pemulihan psikososial juga dijalankan untuk mendukung pemulihan kondisi mental masyarakat yang terdampak. Ini menunjukkan pemahaman bahwa dampak bencana tidak hanya fisik, tetapi juga psikologis.

Keterlibatan langsung Hj. Nevi Zuairina dalam penanganan bencana ini mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat. Keberadaannya di lapangan, berinteraksi dan mendengarkan langsung cerita serta kebutuhan masyarakat, menjadi simbol kepedulian nyata dari seorang wakil rakyat.

“Ini adalah bukti bahwa PKS dan perwakilannya di parlemen tidak tinggal diam dalam menghadapi kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Kami ada untuk mereka, baik dalam suka maupun duka,” tambah Hj. Nevi Zuairina. Aksi ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk komunitas lokal dan organisasi non-pemerintah, yang turut serta dalam upaya pemulihan pasca-bencana.

Diharapkan, bantuan yang disalurkan dapat membantu mempercepat proses pemulihan kondisi masyarakat Pesisir Selatan, membangun kembali infrastruktur yang rusak, serta mendukung keberlangsungan hidup mereka yang terdampak. Ke depannya, PKS berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat, tidak hanya saat terjadi bencana, namun juga dalam upaya-upaya preventif dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.

“Keseriusan PKS dalam menangani bencana ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi organisasi politik lainnya dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Melalui aksi solidaritas ini, diharapkan semangat kebersamaan dan gotong-royong dapat terus tumbuh di tengah masyarakat, memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi segala bentuk bencana di masa depan”. Tutup Nevi Zuairina. (Adv)

Komentar