Nevi Zuairina Mendorong dan Mendukung BUMN Transportasi Agar Profesional Melayani Rakyat Indonesia

SEPUTARSUMBAR, Jakarta — Anggota Komisi VI DPR RI Hj. Nevi Zuairina Mendorong dan mendukung Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor transportasi untuk melayani rakyat Indonesia. Dalam konteks negara kepulauan seperti Indonesia, transportasi yang efisien dan terjangkau adalah salah satu kunci untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini ia sampaikan pada RDP Komisi VI DPR RI dengan Dirut PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), Dirut PT Industri Kereta Api (Persero) dan Dirut PT KAI (Persero).

“Saya, hadir untuk membahas salah satu isu krusial yang mengemuka di sektor transportasi Indonesia. Sebagai anggota Komisi VI DPR RI, tugas kita adalah memastikan bahwa sistem transportasi di negara ini dapat melayani rakyat dengan baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tutur Nevi.

Nevi menambahkan, sebagai negara kepulauan dengan populasi yang terus berkembang, Indonesia memerlukan sistem transportasi yang handal dan terjangkau. Salah satu pilar utama dalam upaya ini adalah penguatan sektor kereta api. BUMN seperti PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Industri Kereta Api (INKA) memiliki peran penting dalam menghadirkan solusi transportasi yang efisien dan terjangkau bagi masyarakat.

Nevi Zuairina menyadari bahwa pengembangan kereta api sebagai moda transportasi utama adalah langkah yang strategis. Kereta api tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga dapat mengatasi tantangan mobilitas di pulau-pulau yang sulit dijangkau oleh jalan raya atau jalur udara. Dengan menghadirkan kereta api yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih andal, kita dapat meningkatkan aksesibilitas, mengurangi kemacetan lalu lintas, serta mengurangi dampak lingkungan.

“Saya akan memastikan bahwa BUMN transportasi seperti PELNI, KAI, dan INKA berfokus pada peningkatan kualitas layanan mereka, termasuk pemeliharaan dan modernisasi armada. Selain itu, Melalui legislasi dan pengawasan yang cermat, DPR RI akan mendukung investasi yang diperlukan untuk mengembangkan infrastruktur kereta api yang lebih baik,” tegas Nevi.

Politisi PKS ini menyampaikan, Agar dorongan kerjasama antara BUMN dan sektor swasta untuk mengoptimalkan potensi pengembangan kereta api di Indonesia. Kedepannya, ia berharap agar tarif yang terjangkau dan aksesibilitas yang lebih baik bagi masyarakat dapat dipenuhi pada kebutuhan transportasi, terutama di wilayah-wilayah yang belum terjangkau oleh transportasi lainnya.

“Dengan dukungan kuat terhadap BUMN transportasi dan peran kunci mereka dalam melayani rakyat Indonesia, kita sama-sama menjadikan BUMN Transportasi menjadikan seluruh armada utama negara berupa kereta api sebagai salah satu solusi transportasi utama yang mampu memenuhi kebutuhan penduduk yang semakin bertambah. Dengan upaya bersama, kita dapat mencapai tujuan ini untuk kepentingan bersama dan masa depan Indonesia yang lebih baik,” tutup Nevi Zuairina. (Adv)

Komentar