Meteri PPA Akan Launching Gerakan Desa Ramah Perempuan dan Anak se-Kota Pariaman

SEPUTARSUMBAR, Jakarta — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Bintang Puspayoga, menyampaikan apresiasi kepada Walikota Pariaman atas komitmen pemberdayaan dan perlindungan pada perempuan dan anak melalui Gerakan Desa Ramah Perempuan Anak se Kota Pariaman.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan saat ini Pariaman sudah memiliki 4 Desa masing-masing di kecamatan sebagai model untuk desa ramah perempuan dan anak.

“Selain itu, saat ini ada tambahan dua desa atas inisiasi kepala desa setempat untuk mensukseskan gerakan ini. Sehingga sudah ada 6 desa yang siap menjadi percontohan sebagai desa yang ramah anak dan perempuan,” ujar Genius, usai bertemu dengan Menteri PPA, Selasa (22/11/2022) di Jakarta.

Lebih jauh Genius mengatakan Meteri PPA, Bintang Puspayoga akan meresmikan lansung gerakan ini di Pariaman pada tanggal 08 Desember 2022 mendatang.
“Sebelum dilaunching oleh buk menteri , kita minta deputi di kementrian PPA memberikan paparan peran pemerintah daerah dan sosialisasi tentang undang-undang tindak pidana kekerasan seksual No 12 Tahun 2022. Buk Mentri Juga dijadwalkan mengunjungi rumah aman dan usaha perempuan kepala keluarga di Kota Pariaman,” kata Genius.

Pada saat yang sama walikota juga akan melakukan MOU dengan Kapolres dan Kajari tentang Layanan Korban dan Penindakan hukum terhadap pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak
“Kita harus punya perspektif terhadap gender agar framing kita sama melihat kondisi yang terjadi hari ini. Ini masalah empati sebab fenomena gunung es ini bisa saja terjadi pada siapapun , dan saya sampaikan kepada buk menteri bahwa siapapun yang peduli terhadap perempuan dan anak, melawan kekerasan dan memberantas Narkoba mereka lah Pahlawan Zaman Now,” ungkap Genius.

Pada kesempatan itu, Geneius mengungcapkan terima kasih kepada DR. Margaretha Hanita SH Msi yang membantu mendorong sehingga UPT PPA ini bisa ditindak lanjuti dan mendapat rekom di Provinsi Sumatera Barat untuk dibentuk di kota Pariaman.

Dalam pertemuan tersebut Menteri di dampangi Pejabat di lingkungan Kementrian PPPA , Ibu Rini Handayani Plt Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak / Staff Ahli Menteri dan Ibu Ratna Susianawati Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan. (rob)