Marinir Kerja Keras Bersihkan Material Galodo

SEPUTARSUMBAR, Agam – Pasukan Marinir Lantamal II sejak Senin sudah berjibaku bantu korban Galodo di Bukit Batabuah dan di Galuang Sungai Pua, Agam.

“Alhamdulillah TNI AL telah kerahkan 24 anggota Marinir untuk bantu warga korban Galodo Sumbar dan bersama rakyat bersihkan material longsor,” ujar Mantan Dan Lantamal II Padang Laksma Tni (Purn) Hargianto Dt Bagindo Malano Nan Hitam, putra asli Cingkariang, Banuhampu Agam kepada wartawan di Cingkariang Agam, Selasa 14/5-2024.

Di Galuang terlihat Marinir ikut bersihkan material Galodo berita kayu ratusan kubik. Pasukan Marinir dalam tugas kemanusian di Agam dipimpin Komandan Tim nya Letda Marinir Andre Zainal dan Komandan Tim SAR II, Letda Laut (KH) Hario Hari Prasetyo.

“Masjid Jamik Galuang nan megah ini kalau gak dihadang oleh Kayu besar mungkin saat Galodo Minggu malam itu sudah rata dengan tanah,” ujar Icha warga setempat menginformasikan Senin malam.

Tapi masjid kokoh berdiri, rumah warga di sekitar masjid pun rusak berat bahkan korban meninggal dunia di Galuang banyak warga di sekitar masjid.

Kehadian aneh dan tak tercerna oleh akal sehat, Galodo meninpa Galuang itu ada dua material yakni batu dan kayu bersama lumpur lahar dinginnya.

“Yang arah ke Galuang kayu aja semua, sudah ber truk-truk dibawa ke bawah sampai malam kemarin masih menumpuk, ke Bukit Batabuah batu, ukurannya besar-besar,”ujar warga lain.

Laksma Tni (Purn) Hargianto
Dt Bagindo Malano Nan Hitam disebut maju Calon Bupati Pilkada Agam 2024 ini, terus melakukan koordinasi dengan bekas instansinya untuk membantu warga Agam yang banyak korban dan daya rusak Galodo masif.

” Ini bagian ikhtiar saya sejak berdinas dulu untuk menjaga Agam. Semoga bantuan mengalir dan warga segera bangkit dari kondisi ini dan Agam pulih dari bencana kembali,”ujar Hargianto.(adr)

Komentar