Mahyeldi : Road to WIES 2025 Buka Peluang Ekonomi Halal Sumbar Mendunia

SEPUTARSUMBAR, Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi optimistis gelaran Road to World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2025 akan kembali membuka peluang ekonomi dan wisata halal Sumbar mendunia. Hal ini sejalan dengan rencana induk pariwisata halal Sumbar.

“Sumbar memang telah menyusun dalam rencana induk pariwisata halal, dan sejalan dengan itu. Kita harap WIES ini dapat bersinergi dengan negara lain, karena tujuannya untuk naik kelasnya ekonomi halal dari Sumbar,” kata Mahyeldi di Padang, Jumat (5/7/2024).

Menurutnya, WIES menjadi jembatan bertemunya para entrepreneur tidak hanya di Sumbar, melainkan Indonesia dengan para investor dari berbagai belahan dunia.

“Ini langkah kedua (setelah WIES 2023), karena disana bertemu antara entrepreneur dengan pemodal (investor). Sehingga (diharapkan) menghadirkan lebih banyak lagi kemajuan, dan pengembangan usaha-usaha yang lebih banyak lagi di dunia Internasional,” jelas Mahyeldi.

Mahyeldi berharap, WIES dapat diadakan setiap tahunnya guna memperkuat industri ekonomi dan pariwisata halal di Indonesia melalui Sumatera Barat.

“Kita harapkan WIES nantinya adanya peningkatan-peningkatan dari tahun-tahun yang lalu. Kita berharap WIES 2025 (didahulu Road to WIES 2025), ini berjalan setiap tahunnya, dan itu tempatnya tentu di Sumatera Barat,” harap Mahyeldi.

Untuk diketahui, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar dan Dinas Pariwisata (Dispar) Sumbar, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), akan menggelar acara “Road to WIES (World Islamic Entrepreneur Summit) 2025” di Padang pada 7 Juli 2024.

Acara ini menjadi langkah awal persiapan menuju WIES 2025, yang dijadwalkan berlangsung di Sumbar pada pertengahan tahun depan.

“Road to WIES 2025 adalah ‘Gong’ persiapan untuk WIES 2025 yang akan selalu dilaksanakan di Sumbar. WIES adalah milik Sumbar dan kebanggaan ‘Urang Awak’,” ujar Ketua BPPD Sumbar, Sari Lenggogeni, pada Rabu (3/7/2024) di Padang.

BPPD mengajak seluruh pihak, termasuk pemerintah, pebisnis, Gen-Z, pelaku ekonomi kreatif, UMKM, dan masyarakat, untuk mendukung kesuksesan acara internasional ini. (ms)

Komentar