Lurah dan Ketua LPM Kampung Lapai Dukung Program Karang Taruna Malin Deman

SEPUTARSUMBAR, Padang, — Lurah dan Ketua LPM Kelurahan Kampung Lapai siap mendukung program kepengurusan Karang Taruna Malin Deman. Karena itu, pengurus yang diketuai oleh Debby Firmantya Putri, diharapkan dapat bergerak membangun komunikasi dengan para senior dan tokoh masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Lurah Kampung Lapai, Yos Deki, S.Sos, dalam sambutannya saat melantik Pengurus Karang Taruna Malin Deman periode 2022-2027.

“Kita berharap, kepengurusan Karang Taruna Malin Deman Kampung Lapai, bergerak aktif mendukung program-program pemerintahan, khususnya bidang kepemudaan dan Peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Yos Deki yang langsung menyerahkan pataka Karang Taruna Malin Deman kepada Ketua pengurus yang baru dilantik.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kampung Lapai, Sonny Affandy, ST, mengapresiasi Karang Taruna Malin Deman, Kelurahan Kampung Lapai, Kec. Naggalo. Pasalnya, saat dilakukan pemilihan, berlangsung sangat demokratis hingga terpilih Ketua dan tersusun kepengurusan periode 2022-2027.

“Ini Luar biasa. Pemilihan Karang Taruna Malin Deman, terbaik di Kota Padang. Prosesnya berjalan lancar, mulai dari pencalonan hingga pemilihan ketua. Kerjasama dan kekompakan ini harus dipertahankan. Apalagi tantangan Karang Taruna cukup berat, yakni pertama tampil sebagai juara di tingkat nasional,” ujar Sonny.

Sementara itu Tokoh Pemuda Kampung Lapai yang mantan pengurus periode pertama Karang Taruna Malin Deman, Kandris Asrin menyampaikan bahwa Karang Taruna Malin Deman terbentuk dengan pembina Yusuf karim pada tahun 1984, Lalu tahun 1989, Karang Taruna Malin Deman keluar sebagai Karang Taruna Teladan II Nasional.

“Semua itu tak lepas dari kreativitas dan inovasi pengurus. Saat itu, semua pengurus bergerak dan jemput bola ke instansi terkait, Depsos, Dispora dan lainnya. Jangan menunggu, kita tak akan diperhatikan. Dan satu yang fokus dilakukan adalah pendokumentasian kegiatan serta tata kelola organisasi,” jelas Kandris.

Menurut Kandris, Pengurus Karang Taruna sekarang, harus berupaya mengembalikan kejayaan Karang Taruna Malin Deman di tahun-tahun 1989 hingga 1999, dimana Karang Taruna sukses menjadi terbaik di tingkat nasional. Ini tantangan berat yang harus dicapai.

“Sekarang di Kelurahan Kampung Lapai, banyak tokoh untuk tempat bertanya. Jika ada kegiatan, banyak yang bisa membantu. Apalagi sekarang mendapatkan support penuh dari Ketua LPM, Sonny Affandy yang jelas-jelas memperlihatkan kepedulian dan dukungannya untuk kemajuan Kampung Lapai. Juga banyak instansi pemerintah yang bisa diajak kerjasama. Tinggal bagaimana mensingkronkan programnya,” ungkap Kandris, mantan pengurus Karang Taruna Malin Deman.

Acara pelantikan juga dihadiri segenap mantan pengurus dan majelis Kehormatan Karang Taruna, Nadya pengurus Karang Taruna Sumbar, Ishak Sekretaris Kecamatan Nanggalo, Ketua RW 04, Erwin Ilfahmi, Ketua RT Indra, serta tokoh masyarakat lainnya. (ms/ald)