Kunjungan Hj. Nevi Zuairina di Lubuk Alung, Padang Pariaman: Dorong Omset UKM Melalui Kemasan Menarik

SEPUTARSUMBAR, Padang Pariaman – Dalam upaya meningkatkan perekonomian lokal, terutama bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Hj. Nevi Zuairina, Anggota DPR RI Komisi VI, menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM di Lubuk Alung, Padang Pariaman. Kegiatan yang bertajuk “Kemasan Menarik, Omzet Melejit” ini, diikuti oleh para pelaku UKM, khususnya yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman.

Menurut Hj. Nevi Zuairina, peningkatan kualitas kemasan produk lokal tidak hanya meningkatkan nilai jual tetapi juga membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk-produk UKM.

“Ini adalah langkah strategis untuk memperkuat branding dan menarik minat konsumen, terutama di era digital saat ini,” ujar Nevi saat memberikan sambutan.

Kegiatan ini diisi dengan serangkaian workshop yang mengedukasi para peserta tentang pentingnya desain kemasan yang menarik serta strategi pemasaran yang efektif. Para pelaku UKM diberikan peluang untuk konsultasi langsung dengan para ahli branding dan pemasaran untuk meningkatkan kualitas kemasan produk mereka.

Salah satu peserta, yang sudah bertahun-tahun pemilik usaha keripik singkong, mengungkapkan antusiasmenya, “Acara ini sangat bermanfaat. Saya mendapatkan banyak insight baru tentang bagaimana cara meningkatkan daya tarik produk saya melalui kemasan.”

Politisi PKS ini memberi apresiasi kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang telah menghadirkan beberapa contoh sukses UKM yang berhasil menembus pasar ekspor berkat inovasi kemasan mereka. Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para peserta untuk terus berinovasi dan tidak takut bersaing di pasar global.

Dalam acara tersebut, Hj. Nevi Zuairina juga menyerahkan bantuan berupa alat produksi kepada beberapa UKM terpilih. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk UKM di Lubuk Alung.

Kegiatan ini juga diisi dengan pameran produk-produk UKM yang telah menerapkan kemasan menarik. Pengunjung yang hadir dapat langsung melihat dan membeli produk-produk tersebut, yang menunjukkan potensi besar pasar lokal.

“Harapan kami, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk memberikan wawasan dan dukungan kepada para pelaku UKM di seluruh Indonesia,” kata Nevi yang saat ini menjadi legislator asal Sumatera Barat II.

Nevi juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk bersama-sama membangun ekonomi kerakyatan yang kuat.

Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama dan peninjauan langsung oleh Hj. Nevi Zuairina ke beberapa stand pameran UKM. Kegiatan ini tidak hanya meninggalkan kesan positif bagi para peserta tetapi juga membuka harapan baru bagi pengembangan UKM di Lubuk Alung, Padang Pariaman.

“Saya berharap ada dukungan dari berbagai pihak, sehingga UKM di Indonesia dapat terus berkembang dan meningkatkan kontribusinya bagi perekonomian nasional, serta mampu bersaing di kancah internasional dengan produk-produk yang berkualitas dan kemasan yang menarik,” tutup Nevi Zuairina.(Adv)

Komentar