KRI Teluk Bone 511 Jadi Objek Wisata Maritim Baru Di Pariaman

SEPUTARSUMBAR, Pariaman –Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sekretaris Negara menghibahkan KRI Teluk Bone 511 untuk Kota Pariaman.

Walikota Pariaman Genius Umar besok akan melaporkan langsung kepada Wakil Presiden RI , KH Maruf Amin yang tengah melakukan kujuangan kerja ke Sumbar hari ini Kamis, (4/5/2023) bahwa Kota Pariaman hibah yang sangat berharga dari pemerintah pusat.

Staff Ahli Kota Pariaman, Febby Dt. Bangso menjelaskan KRI Teluk Bone ini rencananya akan dijadikan museum pusat edukasi maritim di Pantai Maaruf Amin Pariaman.

Menurutnya, kehadiran KRI Bone akan melengkapi Pariaman sebagai marine tourism destinastion , pariaman dengan Water Front City nya terus akan menambah objek lainnya untuk membuat pengunjung yang datang ke Pariaman menjadi betah dan banyak objek yang bisa dikunjungi selama berliburan di Pariaman.

“Hal ini juga akan menguatkan kembali dimana Pariaman pernah menjadi ibukota kabupaten samudera dan kota perdagangan dan kota pelabuhan,” ujar kandidat Doktor Pariwisata ini.

Adapun Profile KRI Teluk Bone yang akan menjadi museum di Pantai Maaruf Amin Pariaman. KRI Teluk Bone 511, adalah Kapal Perang TNI AL jenis Landing Ship Tank (LST) yang pada tahun 2019 lalu telah resmi pensiun jadi salah satu armada tempur AL Indonesia.

KRI Teluk Bone 511, adalah salah satu armada perang warisan Perang Dunia II, yang sebelumnya adalah USS Iredell County. Kapal yang berjenis pendarat tank kelas LST-542 yang dibangun untuk Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Dinamai Iredell County, North Carolina, dia adalah satu-satunya kapal Angkatan Laut AS yang menyandang nama itu.

Semasa aktif berdinas, KRI Teluk Bone 511 berada di bawah pembinaan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).
Namun, pada 15 Agustus 2019, dilakukan penurunan “Ular-ular Perang” yang menjadi penanda telah purnanya dharma bakti KRI Bone 511 yang telah mengisi jajaran kapal perang TNI AL dengan sederet prestasi dan penugasan. (rel/rc)

Komentar