KPU Sumbar Gelar Bimtek Kehumasan dan Pengelolaan Media

SEPUTARSUMBAR, — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menggelar Bimtek Kehumasan dan Pengelolaan Media selama tiga hari mulai Senin (14/11) hingga Rabu (16/11) di Villa Utan Kayu, Lubuk Minturun, Padang.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Sumbar Yuzalmon mengatakan bimtek itu diadakan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam pengelolaan kehumasan dan media di KPU kabupaten kota.

“Saat ini sudah memasuki tahapan pemilu, tentunya, KPU sebagai penyelenggara harus memiliki kemampuan dalam mensosialisasikan tahapan itu melalui media baik cetak maupun online. Untuk itu tentu perlu ada peningkatan kapasitas pengelolanya,” kata Yuzalmon usai pembukaan workshop tersebut.

Dia mengatakan informasi yang tersaji di dalam berita tentu memiliki maksud dan tujuan tertentu. Disamping memberikan informasi kepada publik, di dalam sebuah berita tentu terdapat agenda setting atau sosialisasi yang perlu disampaikan kepada masyarakat.

“Untuk itu, penyampaian informasi itu tentunya perlu dikelola dengan baik, agar tidak berkembang tanpa tujuan dan menghasilkan persepsi yang salah dalam proses penyampaian sebuah informasi,” katanya.

Dengan pengelolaan kehumasan dan media yang baik, masyarakat akan lebih banyak mendapatkan informasi kepemiluan sehingga nantinya akan meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat di pemilu mendatang.

Bimtek itu menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya akademisi Unand Dalmendra, praktisi media Al Imran, praktisi fotografi Arif Pribadi dan narasumber lainnya. (bam)