Kerjasama Membangun Jalan 300 Meter di Nagari Situjuah Batua: Peran Hj. Nevi Zuairina dalam Mewujudkan Kebutuhan Masyarakat Lokal

SEPUTARSUMBAR, 50 Kota — Inisiatif untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui pembangunan jalan di Nagari Situjuah Batua, yang diajukan oleh Ketua Badan Musyawarah (Bamus), Deny Datuak Rajo Dirajo, melalui Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Zukron B. AC, akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan.

Usulan ini kemudian diteruskan oleh Zukron kepada Anggota DPR RI, Hj. Nevi Zuairina, dan menerima respon positif dengan alokasi anggaran sebesar Rp 75 juta dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT. PLN Persero.

Masyarakat sangat antusias dalam menyambut bantuan ini, bahkan berpartisipasi secara swadaya dengan memberikan bantuan material dan tenaga kerja untuk memastikan bahwa pembangunan jalan mencakup area lebih luas daripada nilai anggaran yang diberikan.

Dengan dukungan CSR dari salah satu BUMN tersebut, jalan sepanjang 300 meter berhasil dibangun, dan peresmiannya dilakukan beberapa waktu lalu oleh Anggota DPR RI, Hj. Nevi Zuairina, bersama Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Zukron B.AC.

“Kunjungan Hj. Nevi Zuairina kemarin bertujuan untuk meresmikan jalan usaha tani dari Daretan ke Parik Parigi di Jorong Tepi Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari,” ujar Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Situjuah Batua, Deny Datuak Rajo Dirajo, pada hari Sabtu (4/11).

Bantuan ini diterima oleh masyarakat melalui Kelompok Tani Samo Yakin di Nagari Situjuah Batua dan dieksekusi oleh Ketua Kelompok Tani, Datuak Bandaro Kuruang, serta dilaksanakan oleh Yulfrida.

Deny Datuak Rajo Dirajo menambahkan, “Bantuan sebesar Rp 75 juta ini digunakan sepenuhnya untuk pembelian material, tanpa digunakan untuk pembayaran upah. Bahkan, animo masyarakat yang turut membantu dengan menyumbangkan material dan tenaga sangat tinggi. Hasilnya, jalan usaha tani tersebut menjadi lebih panjang, mencapai 300 meter. Alhamdulillah, jalan ini berhasil dibangun.” ujar Deny.

Anggota DPR RI dari Partai PKS, Hj. Nevi Zuairina, didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Zukron B. AC, menyampaikan harapannya bahwa jalan yang telah dibangun akan dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan jalan yang dibangun melalui CSR PT. PLN ini dapat memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kelancaran aktivitas pertanian,” ujar Hj. Nevi Zuairina di hadapan Kepala Jorong Tepi, Salmi, Badan Musyawarah Situjuah Batua, Niniak Mamak, para petani, dan masyarakat setempat. (Adv)

Komentar