Kala HM Nurnas Melapor Kepada ‘Tuan Pemilik Amanah’

SEPUTARSUMBAR, Padang Pariaman — “Dek (karena-red) pak haji (biasa warga menanggil HM Nurnas, -red) ) kami bisa punya alat tangkap modern kini, salamo ko yo apo ado se biduak didayuang untuk dapek kepeng pak haji,”ujar Salman di Pasar Ketapiang Nagari Ketapiang Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Anggota DPRD Sumbar dsri Partai Demokrat HM Nurnas melakukan Reses Masa Sidang kedua 2023.

Reses kali inu HM Nurnss mempertemukan banyak nelayan.

“Selama, masa reses kedua ini saya mengklaster masyarakat di Dapil saya ini, ada nelayan saja, lalu ada petani, Isnya Allah juga ada dengan emak-emak tergabung di majelis taklim,” ujar HM Nurnas di sela-yela sambung rasa dengan konstituennya, Sabtu 4/3-2023.

HM Nurnas menegaskan di setiap Reses dirinya tidak saja menjemput aspirasi masyarakat.

“Saya selaku wakil rakyat yang diamanahkan oleh masyarakat Dapil 2 (Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman) juga menjadikan momen reses ini untuk melapor apa yang saya kerjakan dari reses satu ke reses kedua ini kepada tuan pemilik amanah ini, yaitu rakyat,” ujar HM Nurnas yang sudah periode ketiga menjadi Anggota DPRD Sumbar.

HM Nurnas di pertemuan Reses Masa Sidang kedua melaporkan apa aspirasi dari tuan pemilik amanah (konstituen, red), sejak 2019 sampai 2022, HM Nurnas telah memperjuangkan aspirasi nelayan untuk Alat tangkap berupa Mesin Tempel 15 PK sejumlah 152 unit, ukuran 40 PK sejumlah 153 unit, Longtail 13 PK sejumlah 59 unit, Fhis Box 100 ltr sejumlah 256 buah, Gilnet 97 Set.

“Allhamdulillah pada 2023 juga sudah disediakan lagi Mesin Tempel 15 PK sejumlah 53 unit, Mesin Tempel 40 PK 16 unit dan Longtail 34 unit semua itu diperuntukan untuk Nelayan mulai dari Pasia Katapiang, Pasia Tiram Ulakan, Pasia Sunua, Marunggi, Taluak, Pauh, Nareh sampai ke Sungai Limau. Dan yang sudah mendapatkan alat tangkap modern, Alhamdulillah sudah dimanfaatkan oleh Nelayan,”ujae HM Nurnas.

Harapan HM Nurnas manfaatkan serta rawatlah peralatan dengan baik, agar bisa lama dipergunakan untuk melaut.

“Semoga hasil tangkap ikan lebih meningkat, yang hasil usaha nelayan ini tentu untuk mensejahterakan istri dan anak,” ujar HM Nurnas.

Pada penghujung pertemuan Sabtu itu para nelayan mengatakan sebentar lagi 2024, agenda Pemilu.

“Pemilu kurang satahun lai pak haji, baa pak haji? ujar nelayan lain berseloroh.

HM Nurnas menegaskan pemilu ada karena Indonesia adalah negara demokrasi, masyarakat berhak pilih kata Nurnas jangan pula lupa kawal dan jaga setiap tahapan.

“Terpenting itu pada 14 Februari datang ke TPS, gunakanlah hak pilih dengan baik, jangan pula melaut, luangkan waktu untuk ke TPS, gunakan hak yang diberikan oleh UUD 1945 kepada kita,”ujar HM Nurnas disambut jawaban siap dari nelayan yang hadir pada Reses HM Nurnas tersebut.

Salman mewakili nelayan kepad wartawan mengaku sejak dulu sudah banyak proposal mohon bantuan dibuat kelompok nelayan, tapi tidak ada yang direalisasikan.

“Namun sajak Pak Haji Nurnas jadi wakil kami di DPRD Sumbar, semuanya secara bertahap kelonpok nelayan di sepanjang pasisie piaman ini sudah merasakan perjuangn HM Nurnas di DPRD, yaitu menjadikan mimpi nelayan jadi nyata,” ujar Salman.

Insya Allah pesan HM. Nurnas kata Salman, nelayan di sini sudah tidak akan berasak (bergeser) lagi.

“Insya Allah 2024 pak haji,” ujar Salman disambuat iyoooo para nelayan yang hadir.

Reses Masa Sidang kedua Sabtu dilaksanakan di Pasia Katapiang, Nagari Katapiang dihadiri Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman, PPL, Wali Nagari, Ketua Bamus serta Bhabimkantibmas Nagari Kataping dan perwakilan Nelayan Katapiang, Tiram Ulakan, Gantiang Tangah Padang Ulakan dan juga terlihat dari Nareh Kota Pariaman, Sungai Limau.

“Sekalian melapor juga menampung aspirasi, terpenting lagi ada jalinan silaturahmi terbina antara saya selaku wakil.rakyat dengan tuan pemilik amanah,” ujar HM Nurnas.
(adr)

Komentar