Is Prima Nanda Apresiasi Prestasi Mahaiswa Unand di Ajang PIMNAS

SEPUTARSUMBAR, Padang — Dosen Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) Dr Ir H Is Prima Nanda, MT menyerahkan hadiah kepada mahasiswa Unand yang berhasil meraih prestasi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang dilaksanakan di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, pada 26 November s/d 1 Desember 2023 lalu.

“Hadiah (uang tunai) ini adalah bentuk apresiasi pribadi saya selaku dosen terhadap pencapaian mahasiswa Unand, yang berhasil meraih medali Emas, Perunggu dan Mahasiswa Bertalenta di PIMNAS tempo hari. Dan jangan dilihat dari sisi jumlahnya,” ujar Is Prima Nanda, saat menyerahkan hadiah, Selasa (12/12/2023), di Pizza Hut Khatib Sulaiman Padang.

Kebetulan, lanjut Is Prima Nanda, sewaktu PIMNAS dilaksanakan, ia sempat melihat para mahasiswa berlomba di Bandung. Dan juga berkesempatan menjamu para mahasiswa malam harinya untuk memberikan semangat.

Is Prima Nanda menyebutkan bahwa untuk lolos mengikuti PIMNAS saja susah, apalagi untuk dapat medali. Tapi berkat usaha dan perjuangan yang tak kenal lelah dari para mahasiswa dan dosen pendamping. Mulai dari persiapan tim dan saat lomba, akhirnya bisa membawa pulang medali, dan mengharumkan nama Unand di tingkat nasional.

Makanya, Is Prima Nanda terketuk untuk memberikan penghargaan kepada para mahasiswa yang telah mengukir prestasi membanggakan itu, yang meraih medali Emas, Perunggu dan Mahasiswa Bertalenta.

Lanjut Is Prima Nanda, mahasiswa yang tinggi IPK-nya tapi tidak mau tahu dengan kegiatan kemahasiswaan, itu biasa-biasa saja. “Tapi seiring dengan prestasi akademik, kemudian bisa menjadi juara di kegiatan kemahasiswaan, itu baru hebat,” tukas Pak Haji Prima, sapaan akrab mantan Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unand ini.

Sementara itu, Prof Dr Eng Ir Muhammad Ilhamdi Rusydi, MT, selaku dosen pendamping mahasiswa mengatakan, PIMNAS merupakan forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa. Diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Proses mengikuti PIMNAS sangat panjang. Mulai dari seleksi di kampus, kemudian terakhir oleh Kemendikbudristek RI,” ujar Prof Ilhamdi, yang didampingi dosen lainnya Dr Eng Ir Dendi Adi Saputra, MT.

Dari seluruh Indonesia, ada sekitar 50.000 proposal yang masuk. Kemudian yang didanai itu kurang lebih 5000. Setelah dilakukan monitoring oleh Kemendikbudristek RI, maka yang terbaik yang dikirim. Dimana ada sebanyak 525 yang masuk babak final mengikuti PIMNAS.

Untuk Unand, sebut Prof Ilhamdi, lolos 10 tim, dengan leadernya dari Fakultas Teknik sebanyak 3 tim, dan ada juga yang dari Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Teknologi Informasi.

Tim Unand yang ikut lomba berhasil membawa pulang; medali Emas kategori Poster bidang PKMKC (Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta), kemudian medali Perunggu kategori Presentasi bidang PKMKC, serta Mahasiswa Bertalenta bidang PKMKC atas nama M Qolbi Al Zikri dari Fakultas Teknik.

M Qolbi Al Zikri dan para mahasiswa yang menerima hadiah, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Is Prima Nanda. “Kami sangat berterima kasih sekali atas perhatian dan hadiah yang diberikan Pak Is Prima Nanda. Apalagi dengan hadirnya Pak Prima di Bandung, dimana kami terkejut dengan jamuan makan malamnya,” ucap Qolbi haru. (rel)

Komentar