HIPPI Sumbar Gelar Musda VIII dan Dialog BEP, Lima Kandidat Ketua Mengapung

SEPUTARSUMBAR, Padang — Pribumi bangkit, kecintaan pribumi kepada NKRI tidak diragukan lagi, demikian juga pengusaha pribumi tergabung pada Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI).

HIPPI menurut Ketua Umum DPD Sumbar Teddy Alfonso adalah organisasi pengusaha nasional menjadi tempat bernaung pengusaha pribumi yang profesional dengan paham kebangsaan.

“Paham kebangsaan merupakan pandangan, perasaan, wawasan, sikap dan prilaku suatu bangsa yang terjalin karena persamaan sejarah, senasib dan sepenanggungan untuk menciptakan kehidupan yang hidup lebih baik secara bersama-sama, merdeka dan mandiri,” ujar Teddy Alfonso di sela-sela Rapat Panitia Pengarah dan Penitia Pelaksana Musda HIPPI Sumbar, Kamis 14 Juli 2022 di Padang.

HIPPI sebagai wadah berhimpun, pusat Informasi bisnis, konsultansi, dan advokasi bagi para Pengusaha Indonesia dalam rangka mewujudkan iklim usaha yang sehat dan mensinergikan potensi ekonomi nasional serta memperkokoh pertahanan ekonomi bangsa yang berpihak terhadap usaha rakyat.

Garis perjuangan HIPPI kata Teddy Alfonso tidak terbatas untuk memperkuat ekonomi para anggotanya, akan tetapi katahanan dan kemajuan ekonomi bangsa menjadi tujuan utama.

“Garis perjuangan dimaksud, dinukilkan dalam visi dan misi HIPPI dan harus menjadi dasar pemikiran-landasan gerak-penyusunan program kerja oleh seluruh pengurus HIPPI di tingkat pusat, provinsi sampai dengan kabupaten dan kota,”ujarnya. 

Untuk regenerasi kepengurusan maka HIPPI Sumbar siap melaksanakan  Musyawarah Daerah (MUSDA) VIII HIPPI Sumatera Barat Tahun 2022.

“Insya Allah Musda VIII HIPPI Sumbar kita gelar 16 Juli 2022 di Ttuntum Hotel Padang,” ujar Ketua Pengarah Musda VIII Syahrul Ramadhan Tanjung didamping Ketua Pelaksana Musda VIII Roni Tri Noveta.

Bahwa Musda HIPPI VIII kaza Syahrul R Tanjung adalah agenda tertinggi secara organisatoris merupakan tanggungjawab utama alih dan sekaligus keberlansungan kepemimpinan organisasi HIPPI di Tingkat Propinsi Sumatera Bara.t

Musyawarah Daerah (MUSDA) VIII HIPPI Sumatera Barat Tahun 2022 kata Roni Tri Noveta merupakan kegiatan konsolidasi organisasi yang sangat penting guna mendapatkan mandat organisasi dan menjamin keberlanjutan organisasi.

“Agenda utama MUSDA VIII HIPPI Sumatera Barat adalah pertanggungjawaban kepengurusan periode berjalan, penyusunan pengurus baru dan penetapan program umum dan kebijakan HIPPI Sumatera Barat, “ujar Roni. 

Sedangkan Bendahara Panitia MUSDA VIII HIPPI Sumatera Barat, Dian Anggraini mengungkapkan kalau Musda VIII HIPPI juga dibingkai dengan Seri Dialog Bisnis, Ekonomi dan Pembangunan (BEP) dengan mengusung tema “Nasionalisme, Demokrasi Ekonomi dan Pembangunan Daerah di Tengah Turbulensi dan Ancaman Kebangkrutan Ekonomi  Global“.

“Tema ini kami angkat sebagai wujud dari rasa tanggung jawab kebangsaan HIPPI Sumatera Barat terhadap perekonomian daerah dan pertahanan ekonomi nasional serta Kegiatan ini juga mengangkat isu Nasionalisme, Demokrasi Ekonomi dan Pembangunan Daerah di tengah Turbulensi dan Ancaman kebangkrutan ekonomi Global,”ujar Dian. 

Menurut Dian Anggraini, panitia telah mengkonformasi kehadiran peserta pada dialog Bisnis, Ekonomi dan Pembngunan. 

“Allhamdulillah dialog bisnis rangkaian Musda VIII HIPPI narasumbernya yang berkompeten dan tokoh sukses di bidangnya, seperti Emma Yohana, Anggota DPD RI, Erik Hidayat, Sekjend DPP HIPPI, Ir. Mohammad Irsyad, MM (Dirut Bank Nagari), Medi Iswandi (Kepala BAPPEDA Sumbar), Firwan Tan Ph.D (Dosen FEB Unand), Ir. Zirma Yuneldi, M.Si (KADIN Sumbar), Ir. Eddy Satriya, M.A (Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI),”ujar Dian. 

Musda HIPPI dan seri Dialog Bisnis tersebut akan diikuti ratusan peserta terdiri dari utusan DPP HIPPI, DPD HIPPI Sumbar periode 2015-2020, Dewan Penasehat HIPPI Sumbar, Dewan Pertimbangan HIPPI Sumbar

“Musda VII HIPPI Sumbar. jugadi dihadiri peserta utusan 16 DPC HIPPI SUMBAR, masing- masing 3 (tiga orang) dan unsur Penerima Mandat 3 DPC HIPPI SUMBAR (Peserta Peninjau, masing- masing  juga 3 orang,” ujar Ketua Pengarah Musda VIII HIPPI Sumbar Syahrul Ramdhan Tanjung.

Roni Tri Noveta menegaskan Panitia Pelaksana Musda VIII siap mensukseskan pesta demokrasi pengusaha pribumi itu yang digelar Sabtu 16 Juli 2022, dari pukul 08.00 Wib sampai 18.15 Wib di Hotel Trumtum, Padang. 

Sedangkan kandidat Ketua Umum DPD HIPPI Sumbar ynag sudah kencang beredar namanya di kalangan peserta diungkap Teddy Alfonso pada media sore ini. 

“Ada lima kandidat yang komitmen dan loyalitasnya pada visi dan misi HIPPI tak disanksikan yaitu Syahrul R Tanjung. Buchori Bachter, Dian Anggraini. Roni TriNoveta dan 
Novi Hendri,” ujar Teddy Alfinso. (rel)