Fakultas Farmasi Unand dan Unisula Lakukan Pengabdian Masyarakat ke Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia

SEPUTARSUMBAR, Pessel – Fakultas Farmasi Universitas Andalas (Unand) dan Fakultas Farmasi Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) Semarang, melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat ke Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Pesisir Selatan, Sabtu (24/2/2024).

Bersama sejumlah pengajar dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi Unand dan Farmasi Unsila, rombongan disambut langsung oleh Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, M.Sudion.

Manager Bidang Kerjasama dan SDM, Farmasi Unand, Dr. apt. Suryati , MSc mengatakan, kegiatan ini merupakan bagaian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Dimana civitas akademika kembali kemasyarakat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dengan ilmu yang dimilikinya terutama di bidang kefarmasian.

“Kegiatan ini semoga bisa menginspirasi kaum muda dan nantinya akan terlahir apoteker yang merupakan anak nagari Sungai Nyalo,” ujar Suryati.

Dekan Fakultas Farmasi Unisula Semarang, Dr. apt Rina Mijayanti, mengaku Nagari Sungai Nyalo sangat luar biasa alam dan penduduknya. “Penat letih perjalanan jauh dari Semarang terbayarkan ketika sampai di Sungai Nyalo ini,” ungkap Rina.

Sementara itu, Ketua BAMUS, M.Sudion, merasa sangat bahagia menerima kunjugan dari Farmasi Unand dan Farmasi Unisula. Menurutnya, selama ini masyarakat lebih banyak menggunakan obat tradisional dibandingkan obat modern.

“Ilmu yang bermanfaat yang disampaikan oleh bapak/ibu dosen akan menjadi amal jariyah nantinya serta kegiatan ini dapat terus berlanjut nantinya,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan wujud implementasi Perjanjian Kerjasama antara fakultas farmasi Unand dan fakultas farmasi Unisula Semarang, yang diisi dengan pemaparan oleh pakar farmasi dari dua kampus ternama ini. (rc)

Komentar