Dihadiri Bawaslu RI, Bawaslu Sumbar Lakukan Penguatan Pengawasan pada Disabilitas

SEPUTARSUMBAR, Padang — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatra Barat melakukan rapat koordinasi penguatan pemahaman kepemiluan kepada disabilitas di Pangeran Beach Hotel Padang, Kamis, 20 Oktober 2022.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Alni mengatakan, pihaknya memastikan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 seluruh pihak khusus disabilitas sebagai pelaku dan terlibat aktif.

“Kita minta semua pihak dan khususnya teman disabilitas dapat melakukan peningkatan pemahaman sesuai aturan dan peraturan berlaku,” ujar Alni

Menurut Alni, berdasarkan konstitusi semua pihak atau warga negara tidak ada perbedaan perlakuan sekaligus pengecualian.

“Kita menjamin kepada disabilitas untuk melakukan kolaborasi dalam menyukseskan pemilu akan datang, agar pesta demokrasi dapat terjamin, terpecaya sesuai tujuannya sesuai UU,” ujar Alni.

Anggota Bawaslu RI Yolly Suhetri mengatakan, pihaknya memastikan kepada disabilitas mendapat hak setara oleh Negara dalam penyelenggaraan kepemiluan, agar penguatan pemahaman semakin ditingkatkan untuk mengawal demokrasi.

“Kita masih menemukan atau ada mengganggap disabilitas dibully atau dikriminalisasi dalam mendapatkan akses informasi kepemiluan, agar hal tersebut tidak terjadi, maka pihaknya memastikan negara melalui KPU RI sebagai penyelenggaraan kepemiluan dapat berjalan sebagai mana mestinya,” ujar Yelly

Menurut Yelly, pihaknya memastikan sekaligus meminimalisir agar tidak terjadi kesalahan negara dalam hal ini masalah tersebut sudah dapat difasilitasi.

“Kita pastikan disabilitas dapat menggunakan hak suaranya dalam kepemiluan, seperti contoh menuju tempat kontak suara memiliki kemiringan, agar memudahkan disabilitas dan pihaknya mengajak kepada organisasi disabilitas atau PPDI Sumbar tidak tertinggal dalam pendataan anggotanya ikut pemilu akan datang,” ujarnya.(ms)