Dari Visitasi KISB, Bawaslu Kaya Inovasi untuk Awasi Pemilu

SEPUTARSUMBAR, Padang, — Sore Selasa kemarin, Tim Visitasi dikoordinir Ketua Monev Komisi Informasi Sumatera Barat (KISB) Tanti Endang Lestari mendatangi Bawaslu Sumbar di bilangan Pramuka Padang.

Tim beranggotakan Adrian Tuswandi (Komisioner) dan Asisten Ahli KISB Harist serta Anggi disambut Komisioner Bawaslu Nurhaida Yetti dan Elly Yanti serta Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin.

“Tak ada nilai lagi selain tertinggi pada Bawaslu Sumbar karena kuatnya aura keterbukaan di lembaga pengawas Pemilu dan Pilkada ini,” ujar Adrian saat menggali 5K di Bawaslu sore kemarin.

Sementara Elly Yanti menegaskan hebat sebuah lembaga harus dibuktikan dari penilaian lembaga lain sesuai kewenangan dimiliki lembaga lain itu.

“Menilai diri sendri terbaik tidak berarti, tapi kalau orang atau lembaga lain menilai itu baru hebat,” ujar Elly Yanti.

Bawaslu pada anugerah keterbukaan informasi publik 2019 adalah lembaga negara vertikal penyandang prediket informatif.

“Mempertahan itu sulit ketimbang merebutnya,” ujar Nurhaida Yetti.

Kasek Bawaslu Karnalis menegaskan menjadi informatif tahun lalu tidak membuat kami terlena dalam menginovasi dan melayani informasi publik

“Saat ini tak sekedar layanan manual. Publik bisa menggunakan play store bahkan barcode untuk memenuhi hak untuk tahu mereka,” ujar Karnalis.

Tanti Endang Lestari menyebutkan dari tahun ke tahun Bawaslu se Sumbar menunjukan progres positif dalam menjalankan UU 14 Tahun 2007 dan Perbawaslu tentang pengelolaan informasi publik.

“Apalagi kaya dengan inovasi, terbaru Spasi Online, sebuah aplikasi memudahkan masyarakat melaporkan kecurangan Pemilu dan melindungi pelapornya, bahkan ada uang pengganti transpor saat dimintai keterangan oleh Bawaslu,” ujar Tanti.(rilis: kisb)