Penandatanganan Nota Kesepahaman Bupati Solok menuju Program 100 Smart City
Penandatanganan Nota Kesepahaman Bupati Solok menuju Program 100 Smart City

Bupati Solok Gusmal menandatangani Nota Kesepahaman Program Menuju 100 SmartCity (8/5/2018).

Bertempat di Redtop Hotel Jakarta, acara ini dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudi Antara, Dirjen Aptika Kemkominfo Samuel Abrijani, Dirjen Perimbangan Anggaran Daerah Kementerian Keuangan, beserta 50 Kepala Daerah terpilih.

Turut mendampingi Bupati Solok, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok Lida Attica Alfi, SKM, Kepala Bagian Humas Devi Pribadi serta Kepala Seksi Aplikasi Dinas Kominfo Kabupaten Solok Safriwal, S.Si, M.CIO.

Sebelumnya Kabupaten Solok mengikuti assesment untuk proses seleksi gerakan menuju 100 smartcity pada tanggal 5-7 Maret 2018 di Jakarta, yang diikuti oleh 157 kabupaten/ kota dan telah terpilih 50 daerah kabupaten/kota pada proses assesment tersebut.

Untuk provinsi Sumatera Barat sendiri hanya ada dua kabupaten kota yang lulus pada seleksi tersebut, yaitu Kabupaten Solok dan Kota Padang.

Seperti yang diketahui program menuju 100 smartcity sendiri merupakan inisiatif yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memanfaatkan teknologi.

Gerakan ini mempunyai misi agar setiap kabupaten ataupun kota yang ada, memiliki masterplane smartcity yang nantinya diimplementasikan dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan. (admin)