Bimtek Pengelolaan Administrasi Keuangan, Sekretaris Bawaslu Sumbar: Tingkatkan Serapan Anggaran

SEPUTARSUMBAR, Bukittinggi — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Bimtek Pengelolaan Administrasi Keuangan dalam Menghadapi Langkah-Langkah Akhir Tahun 2022 di Lingkungan Bawaslu Sumbar dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat TA 2022, 25-26 Oktober 2022 di Hotel Rocky Bukittinggi.

Bimtek yang diikuti Koordinator dan Kepala Sekretariat, Bendahara Pengeluaran Pembantu, dan staf pengelola keuangan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat ini menghadirkan narasumber dari BPKP, KPPN, Kanwil DJPB, serta Kepala Biro Bawaslu RI.

Komisioner Bawaslu Sumbar sekaligus Koordinator Divisi (Kordiv) SDM, Organisasi, dan Diklat, Benny Aziz, SE, dalam sambutannya saat membuka bimtek menyampaikan bahwa dalam menghadapi akhir tahun diperlukan langkah-langkah agar semua perencanaan keuangan yang telah ditetapkan dapat terlaksana dengan baik, tepat, dan adanya keseragaman antara Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sementara itu Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Karnalis Kamaruddin, S.H., M.Si., dalam arahan terkait dengan Realisasi Anggaran Bawaslu Sumbar, mengatakan bahwa terhitung 24 Oktober 2022, Realisasi Anggaran Bawaslu Provinsi Sumatera Barat baru mencapai 45,38%. Jumlah tersebut belum mencapai target realisasi yang ditetapkan.

Realiasi anggaran ini dipengaruhi oleh adanya tambahan anggaran pada tahun 2022 untuk mendukung kegiatan-kegiatan pada tahapan Pemilu dan pemenuhan honorarium ad hoc (panwascam dan sekretariat panwascam).

“Karena itu, diperlukan percepatan dalam pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan penyerapan anggaran dengan tetap mempedomani aturan yang berlaku,” jelas Karnalis.

Berhubungan dengan langkah-langkah akhir tahun anggaran 2022 yang semakin dekat, maka para narasumber mengingatkan perlunya diperhatikan mulai dari pertanggungjawaban keuangan negara, capaian IKPA, revisi anggaran, hingga nilai kinerja anggaran.

“Pengelolaan keuangan akhir tahun anggaran juga perlu diperhatikan mengingat besaran anggaran Bawaslu Provinsi Sumatera Barat yang mendapat tambahan anggaran di akhir tahun,” ucapnya.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas keuangan Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, khususnya dalam menyeragamkan pemahaman dalam pengelolaan keuangan, sekaligus dalam upaya meningkatkan kinerja anggaran.

“Di setiap akan berakhirnya tahun anggaran, maka yang sangat perlu dijaga adalah menjamin ketersediaan dana, ketepatan pembayaran, serta percepatan penyelesaian pertanggungjawaban keuangan,” pungkas Karnalis. (ms/jamil)