Bikin Gaduh, Tauhid Minta Info Pemilu KPU Dihentikan

SEPUTARSUMBAR, Padang – Caleg Partai NasDem DPRD Sumbar HM Tauhid menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

HM Tauhid datang untuk pertanyakan penurunan secara drastis perolehan suaranya pada pemilu 2024 yang terpampang di situs resmi milik KPU, www.pemilu2024.go.id.

“Ada apa dengan sistem KPU, perolehan suara saya pada pukul 19.00 WIB hari Selasa masih 3925 an namun, satu jam kemudian menyusut menjadi 3204. Akibat informasi ini terjadi kegaduhan di lingkungan keluarga saya dan pendukung yang sudah berjuang selama ini,” ujar HM Tauhid setelah dilaporkan jam per jam dari relawan IT, Rabu (21/2/2024) kepada wartawan.

Untuk itu, HM Tauhid meminta KPU untuk memberikan penjelasan mengenai penurunan drastis perolehan suaranya dalam waktu satu jam. Ia juga menuntut info pemilu yang bikin gaduh itu agar di hentikan saja.

Sementara itu, kordiv Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Sumbar, Ory Sativa Sa’ban menjawab HM. Tauhid mengatakan bahwa info pemilu yang memuat hasil perolehan suara merupakan salah satu wujud komitmen KPU sebagai lembaga layanan publik dalam memberikan layanan keterbukaan informasi publik.

“Sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU tidak hanya bertanggung jawab untuk menjalankan Undang-Undang Pemilu, tetapi juga harus mematuhi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Oleh karena itu, KPU harus memberikan akses informasi yang terbuka dan transparan kepada masyarakat,” kata Ory.

Sementara untuk hasil rekapitulasi hasil pemilu, KPU tetap berpegang dengan data yang ada di C hasil. (rc)

Komentar