Bertemu di Tanggal Cantik 7-7, FA jatuh hati ke Buya MN untuk maju berpasangan ke Pilkada Padang

SEPUTARSUMBAR, Padang – Berawal dari rumor dan bertemu beberapa kali akhirnya di pertemuan terakhir, di tanggal cantik Minggu 7/7-2024 antara Fadly Amran dan Maigus Nasir menjawab pertanyaan publik selama ini.

Publik bertanya sejak akhir 2023 siapa yang akan mendampingi Fadly menjadi jadi calon wakilnya dalam pemilihan Walikota Padang mendatang.

Pertemuan diadakan di rumah Fadly Amran Jalan Rohana Kudus berlangsung dengan suasana keakraban yang diselingi dengan diskusi-diskusi tentang Kota Padang ke depan.  

“Sepertinya saya sudah mendapatkan calon wakil walikota yang sesuai dengan harapan warga Kota Padang di tengah kompleksitas masalah yang mereka hadapi. Buya Maigus adalah seorang tokoh agama yang disegani, bersahaja dan sudah menjadi panutan masyarakat Kota Padang. Saya merasakan ada chemistry di antara kami dan ini hal yang paling prinsip dalam membangun kepemimpinan yang kuat dalam pemerintahan. Melihat pengalaman Buya Maigus pada aspek sosial, agama dan kemasyarakatan tentu sangat dibutuhkan dalam menyelenggarakan pemerintahan kota nantinya” terang Fadly Amran.

Maigus Nasir bukanlah orang baru dalam perpolitikan di Kota Padang. Saat ini Maigus adalah anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan I Sumbar, yaitu Kota Padang. Sebelumnya, Maigus Nasir juga pernah menjadi Ketua DPRD Kota Padang periode 1999-2004 (era awal reformasi). Putra Daerah Nanggalo ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan dirinya sangat dikenal oleh masyarakat Kota Padang. Misalnya, menjadi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Padang sejak 2010 sampai sekarang. Maigus juga pernah menjadi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Padang Periode 2018-2023.

“Pengalaman Buya Maigus di banyak organisasi sosial, agama dan kemasyarakatan insyaallah akan membantu. Apalagi buya juga memahami bagaimana perubahan yang terjadi di Kota Padang yang saat ini menuju Kota Metropolitan tentu akan muncul masalah-masalah yang tidak mudah untuk diatasi. Namun, dengan kepribadian Buya Maigus yang relevan dengan kebutuhan masyarakat serta pengalaman beliau tentu akan dapat memberi solusi bagi masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi” tambah Fadly.

Pada kesempatan yang sama Maigus Nasir juga menyatakan kesiapannya membantu Fadly Amran sebagai Walikota Padang jika terpilih nantinya.

“Saya sangat memahami posisi Wakil Walikota dalam melaksanakan tugas dan kewenangan yang diatur oleh undang-undang. Sebagai orang yang membantu walikota, insyaa Allah saya siap melaksanakan apa yang ditugaskan walikota dan mendukung penuh apa yang menjadi kebijakan walikota.” tegas Maigus.

Sebagai orang tua, Buya Maigus dipastikan selalu siap menyampaikan kepada Pak Wali tentang makna amar ma’ruf dan nahi munkar dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan.

“Sesungguhnya tata kelola pemerintahan yang baik bermula dari penerapan amar ma’ruf dan nahi mungkar ini. Dan saya melihat potensi untuk melaksanakan hal ini ada pada sosok anak muda yang energik seperti Pak Fadly Amran ini” tambah Maigus Nasir.

Rencananya pasangan Fadly Amran dan Maigus Nasir ini akan mendeklarasikan keikutsertaan mereka dalam Pilkada Walikota Padang ini pada bulan Agustus mendatang. Beberapa kegiatan juga telah disiapkan untuk mendukung pelaksanaan deklarasi pasangan ini. 

“Kami juga akan membicarakan hal-hal strategis dengan Buya Maigus, termasuk visi, misi dan program strategis yang akan kami laksanakan untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat. Dalam beberapa waktu ke depan kami juga akan melakukan sosialisasi ke masyarakat di kecamatan dan kelurahan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat agar kami mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kota padang” pungkas Fadly Amran.

Sementara itu peneliti Spektrum Kevin Philips melihat Paslon FA-MN adalah jawaban sekaligus solusi Padang ke depan.

“Soal program, Paslon ini (FA-MN) tak diragukan untuk benahi Padang dan keluar dari belitan masalah kota kekinian menuju Kota Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Soal elektabilitas dua calon ini di beberapa hasil survei tertinggi dari tokoh lain yang disebut maju di Pilkada Padang 2024. Maigus di survei Cawawako tertinggi dari yang lain,” ujar Kevin (adr)

Komentar